NEWSTICKER
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta. MI/Panca Syurkani

PKS, Gerindra, PDIP Tak Masuk Panlih Cawagub DKI

Nasional cawagub dki Pengganti Sandiaga Uno
Cindy • 19 Februari 2020 18:05
Jakarta: DPRD DKI segera membentuk panitia pemilihan (panlih) wakil gubernur (Wagub) DKI. Seluruh fraksi di DPRD DKI diminta menyodorkan satu nama untuk menjadi anggota panlih, kecuali Fraksi PKS, Partai Gerindra, dan PDI Perjuangan.
 
"Kita sepakati kemarin tidak Gerindra, tidak PKS, PDIP juga enggak. PDIP merasa porsi partai besar, jadi dikasih ke yang lain," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik di DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Februari 2020.
 
Taufik menjelaskan PKS dan Gerindra tak mendapat jatah anggota panlih karena sebagai partai pengusung. Sedangkan, PDIP memiliki porsi yang besar di DPRD DKI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pimpinan Dewan akan menyurati fraksi pada Senin, 24 Februari 2020, agar menyerahkan nama untuk menjadi anggota panlih. Ketua panlih akan dipilih secara musyawarah. "Nanti ditetapkan sembilan orang dari setiap fraksi," ucap dia.
 
PKS, Gerindra, PDIP Tak Masuk Panlih Cawagub DKI
Wakil Ketua DPRD DKI Muhammad Taufik. Medcom.id/Cindy
 
DPRD DKI telah mengesahkan tata tertib (tatib) DPRD DKI Jakarta. Termasuk didalamnya tatib mengenai pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI.
 
Ada satu bab khusus mengenai pemilihan wagub DKI dalam tatib yang baru disahkan. Ketentuan soal pemilihan wagub DKI diatur dalam 30 pasal.
 
Kursi wagub DKI kosong sejak Agustus 2018. Jabatan wagub ditanggalkan Sandiaga Uno yang memilih mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.
 
Posisi wagub menjadi jatah Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung Anies-Sandiaga di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Namun, pemilihan wagub mandek di DPRD DKI.
 
Kader PKS Nurmansyah Lubis dan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria pun disodorkan sebagai cawagub DKI. Keduanya bakal dipilih DPRD DKI medio Februari 2020.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif