Mendikbudristek Nadiem Makarim meninjau PTM di sekolah. Foto: Dok Kemendikbudristek.
Mendikbudristek Nadiem Makarim meninjau PTM di sekolah. Foto: Dok Kemendikbudristek.

Walau Kasus Covid-19 Terdeteksi di Sekolah, Ini Alasan Jakarta Tetap PTM 100%

Nasional Pembelajaran Tatap Muka PPKM Level 2 PTM Terbatas Omicron Varian Omicron
Adri Prima • 18 Januari 2022 14:32
Jakarta: Pemerintah pusat memutuskan untuk memperpanjang status PPKM level 2 di Jabodetabek hingga 24 Januari mendatang.
 
Namun begitu, sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di Jakarta tetap bisa dilanjutkan. 
 
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya akan mengimplementasikan kebijakan PPKM sesuai dengan instruksi pemerintah pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya bilang yang pertama kami ini bekerja melaksanakan memutuskan sesuai dengan ketentuan peraturan yang ada dan kebijakan dari pusat. Dalam hal ini Kemendikbud," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta.
 
Berdasarkan SKB 4 Menteri, wilayah PPKM level 1-2 dan capaian vaksinasi tertentu dapat menerapkan PTM 100 persen. Di antaranya capaian 80 persen dan vaksinasi lansia lebih dari 50 persen.
 
Di DKI Jakarta, vaksinasi peserta didik mencapai 98 persen, tenaga pendidik 91 persen, tenaga kependidikan 89 persen, dan lansia di atas 71 persen. Namun, Riza mengakui ada peningkatan kasus covid-19 di sekolah.
 
Saat ini, 39 sekolah ditutup karena temuan kasus covid-19. Sebanyak 67 kasus covid-19 menimpa peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan. Namun, hal tersebut tak menyurutkan bahwa DKI masih memenuhi syarat untuk menggelar PTM 100 persen. 
 
"Jadi DKI memang memenuhi syarat melaksanakan PTM terbatas 100 persen sekalipun memang hari ini ada peningkatan signifikan. Dari 15 sekolah sekarang ada 39 sekolah. Tapi dari 39 sekolah, ini kan data sejak awal PTM mulai pada 3 Januari, sebagian sudah dibuka lagi," kata dia.
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif