Kadishub DKI Ingin MH Thamrin jadi Kawasan Tertib Lalu Lintas

Deny Irwanto 12 Januari 2018 20:51 WIB
pembatasan sepeda motor
Kadishub DKI Ingin MH Thamrin jadi Kawasan Tertib Lalu Lintas
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah di Balai Kota. Foto:Medcom.id/Nur Azizah
Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan mematangkan evaluasi kawasan Jalan MH Thamrin usai larangan sepeda motor dicabut. Dishub DKI ingin MH Thamrin menjadi kawasan tertib lalu lintas yang bisa menjadi contoh untuk kawasan lain.

"Saya terus terang usulkan bahwa kawasan tersebut dijadikan kawasan tertib lalu lintas, nanti apa-apa saja yang dijadikan parameter kawasan tersebut menjadi kawasan ketertiban lantas," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah di Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya, jakarta, Jumat, 12 Januari 2018.

Andri memastikan, Dishub DKI akan terus berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk menertibkan kawasan tersebut. Untuk penegakan hukum kepada pengendara yang melanggar, Andri menyerahkannya kepada pihak Ditlantas Polda Metro Jaya.


"Kalau ini ada pelanggaran kami dibantu polisi akan kenakan sanksi berat baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, Saya dibantu pakar BPKJ dan stakeholder lain dan tentu polisi karena ini harus sesuai ketentuan untuk dijadikan kawasan tertib lantas," kata Andri.

Baca: Polisi Pikirkan Keselamatan Pengendara Motor di MH Thamrin

MA sebelumnya membatalkan Pergub Nomor 141 Tahun 2015. Dalam putusannya, MA berpendapat Pergub itu bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Regulasi itu juga dinilai tak sesuai dengan Pasal 133 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas, Pasal 11 UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, dan Pasal 5 dan 6 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.



(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id