Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran DPKP Provinsi DKI Jakarta Jon Vendri
Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran DPKP Provinsi DKI Jakarta Jon Vendri

Pemprov DKI Gandeng Dasa Wisma Rancang Peta Rawan Kebakaran

Nasional kebakaran pemprov dki
Kautsar Widya Prabowo • 14 Agustus 2019 23:29
Jakarta: Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) DKI Jakarta turut menggandeng Dasa Wisma atau kelompok ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dalam merancang peta wilayah rawan kebakaran di Jakarta. Hal tersebut sesuai dengan amanat Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 65 tahun 2019 tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran.
 
Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran DPKP Provinsi DKI Jakarta Jon Vendri mengatakan, Dasa Wisma akan berkoordinasi dengan petugas damkar yang berada di setiap wilayah untuk mendata setiap warganya. Pendataan dilakukan untuk mengetahui rawan atau tidaknya rumah warga yang bersangkutan.
 
"Dasa Wisma ikut mendata potensi kebakaran, yang umumnya dari gas dan intalasi listrik, sementara ini akan didampingi oleh personel damkar, ke depannya Dasa Wisma saja yang mendata," ujar Jon kepada Medcom.id, saat ditemui di Kantor DPKP DKI Jakarta, Duri Pulo, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam mendata wilayah rawan kebakaran, Dasa Wisma akan berpatokan terhadap pedoman untuk menentukan rumah yang bersangkutan masuk dalam kategori rawan atau tidak. Rencananya pedoman tersebut sudah dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses melalui gawai.
 
"Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) punya aplikasi untuk Dasa Wisma, tinggal buka handphone, masukin data rumah," tuturnya.
 
Dari data-data yang dihimpun oleh Dasa Wisma itu akan diserahkan kepada DPKP untuk diolah menjadi peta rawan kebakaran. Ia targetkan data terkumpul akhir Agustus ini.
 
"Melalui data dari Dasa Wisma itu, sehingga kita tetapkan daerah rawan kebakaran atau tidak," jelasnya.
 
Jon menambahkan keterlibatan Dasa Wisma dalam menanggulangi kebakaran telah terjalin sejak Maret 2019. Hal tersebut berawal dari kebakaran besar di Krukut, Tamansari, Jakarta Barat yang menghanguskan 30 rumah.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif