Ilustrasi-- Petugas Suku Dinas Kehutanan Jakarta Pusat mengganti tanaman yang rusak di sekitar instalasi bambu Getah Getih, Jakarta. (Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto)
Ilustrasi-- Petugas Suku Dinas Kehutanan Jakarta Pusat mengganti tanaman yang rusak di sekitar instalasi bambu Getah Getih, Jakarta. (Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto)

Bambu 'Getah Getih' Dibongkar

Nasional dki jakarta pemprov dki
Theofilus Ifan Sucipto • 18 Juli 2019 10:33
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membongkar bambu Getah Getih yang terpasang di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Karya senilai Rp550 juta itu mulai rusak.
 
"(Bambu Getah Getih) tidak dapat digunakan lagi," kata Kepala Dinas Perhutanan DKI Suzi Marsitawati, di Jakarta, Kamis, 18 Juli 2019.
 
Menurut Suzi kondisi bambu Getah Getih merapuh di berbagai sisi. Jalinan bambu yang dipasang melingkar memanjang itu mulai terlepas dan berjatuhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pembongkaran karena khawatir roboh," imbuh dia.
 
Suzi mengatakan bambu Getah Getih akan digantikan sementara dengan tanaman border semak. Sambil menunggu instalasi karya lainnya dipasang.
 
Baca juga:Instalasi Bambu 'Getah Getih' Telan Biaya Rp550 Juta
 
Instalasi Getah Getih diresmikan Gubernur DKI Anies Baswedan pada 2017. Ratusan juta dikeluarkan untuk membuat karya seni tersebut.
 
"Dananya (yang dihabiskan) sekitar Rp550-an (juta) dan dikonsorsium kurang lebih 10 BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)," ujar Anies saat meresmikan Getah Getih di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Agustus 2018.
 
Karya seni Getah Getih terbuat dari 1.600 batang bambu dari jenis awitali dan betung. Butuh waktu sekitar satu minggu bagi seniman Joko Avianto untuk menyelesaikan karya seni demi mempercantik ibu kota menyambut Asian Games 2018.
 
Menurut Anies, pemasangan instalasi dari bambu merupakan ciri khas Indonesia. Dia yakin karya tersebut dapat menarik atlet dan wisatawan saat menyaksikan perhelatan olahraga terbesar di Asia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif