ilustrasi vaksinasi. Foto: Medcom.id/Christian
ilustrasi vaksinasi. Foto: Medcom.id/Christian

Cegah Kematian, Siang Ini Masyarakat Diimbau Melakukan Vaksin Booster Kedua

Kautsar Widya Prabowo • 24 Januari 2023 08:51
Jakarta: Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menghimbau masyarakat berusia 18 tahun ke atas segera melakukan vaksin covid-19 booster kedua. Vaksin dosis keempat ini sudah bisa diperoleh di setiap puskesmas dan beberapa titik vaksinasi, pada pukul 13.00 WIB, Selasa, 24 Januari 2023.
 
"Segera vaksinasi booster ke-2 (dosis ke-4) untuk semua masyarakat umum usia 18 tahun ke atas! Selagi ada vaksinnya dan gratis," ujar dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 Januari 2023.
 
Ngabila menerangkan vaksin booster dapat melipatgandakan jumlah antibodi terhadap covid-19. Hal ini juga mampu menekan potensi kematian akibat virus tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Sebanyak) 85 persen yang meninggal covid-19 di DKI Jakarta memiliki jarak vaksin terakhir lebih dari 6 bulan. Rata-rata 6-12 bulan," terang dia.
 
Ngabila menerangkan berdasarkan data 2022, vaksin menjadi salah satu indikator menentukan penyebab kematian dari pasien covid-19. Tercatat ada 40 persen pasien yang meninggal karena belum vaksin sama sekali dan 80 persen belum melakukan booster pertama.
 
"Kunci mengendalikan covid-19 ini di imunitas. Harus dijaga kadar imunitas masyarakat baik dan terus cukup," beber dia.

Baca: Jatim Berikan Vaksinasi Booster Kedua untuk Warga Umum Hari Ini


Berikut beberapa lokasi vaksinasi booster kedua di DKI Jakarta:
  1. Kantor Balai Kota DKI Jakarta
  2. Kantor Kabupaten Kepulauan Seribu (Gedung Mitra Praja, Tanjung Priok)
  3. Kantor Walikota (Jakarta Pusat, Utara, Barat, Selatan, Timur)
Vaksinasi digelar mulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB. Masyarakat bisa datang ke lokasi tersebut tanpa perlu membawa tiket atau undangan dari Peduli Lindungi, cukup membawa KTP.
 
Vaksin yang digunakan dalam gebyar vaksinasi booster kedua ini menggunakan merek Pfizer dan Zifivax.  Selain booster kedua, vaksinasi tersebut dapat melayani vaksinasi dosis pertama dan kedua untuk usia 12 tahun ke atas, dosis tiga dan empat usia 18 tahun ke atas.
 
Untuk mengakomodasi vaksinasi dosis keempat, Dinas Kesehatan DKI menyiagakan sekitar 300 titik per hari mulai 24 Januari 2023. Selain itu, Dinkes DKI tetap membuka layanan vaksinasi covid-19 untuk sore dan malam hari yang dapat diakses pada Senin-Jumat, mulai pukul 16.00-20.00 WIB di 44 Puskesmas Kecamatan DKI. Layanan vaksinasi covid-19 akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu juga masih tetap dibuka. 
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif