Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan. Medcom.id/Aria Triyudha
Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan. Medcom.id/Aria Triyudha

Tempat Wisata di Jakarta Diserbu Pengunjung

Rahmatul Fajri • 26 Desember 2021 19:38
Jakarta: Hari libur perayaan Natal dimanfaatkan warga DKI Jakarta untuk berwisata. Salah satu destinasi yang dituju, yakni Taman Margasatwa Ragunan.
 
Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, mengatakan jumlah pengunjung mencapai 14.002 orang per pukul 15.00 WIB, Minggu, 26 Desember 2021. Pengunjung masih didominasi pengendara roda dua, yakni 1.321 unit. Sedangkan kendaraan roda empat 993 unit, dan sepeda 162 unit.
 
Jumlah pengunjung lebih meningkat pada Hari Natal atau Sabtu, 25 Desember 2021, yang mencapai 17 ribu orang lebih mendatangi Ragunan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengunjung pada hari Natal semuanya 17.737 orang," kata Wahyudi, saat dikonfirmasi, Minggu, 26 Desember 2021.
 
Dari pantauan Media Indonesia, pengunjung mulai memadati area Ragunan dari pagi hingga siang hari. Ada kepadatan kendaraan imbas ganjil genap yang diterapkan petugas.
 
Sejumlah kendaraan diputarbalikkan karena memiliki pelat nomor yang tidak sesuai. Tak jauh dari gerbang atau penjagaan petugas tampak kendaraan yang diparkir di pinggir jalan.
 
Ada juga yang menitipkan kendaraannya di sekitar Ragunan. Mereka berjalan sekitar 100 meter menuju Taman Margasatwa Ragunan.
 
Baca: Level PPKM Turun, Kunjungan Wisman ke Jakarta Naik pada September
 
Salah seorang pengunjung, Wardani, mengaku memarkirkan kendaraannya di pinggir Jalan Harsono RM, karena sepeda motornya tidak diperbolehkan masuk ke area Ragunan. Wardani yang berasal dari Jakarta Barat telah terlanjur datang dan merasa sia-sia jika kembali ke rumah.
 
"Daripada jauh-jauh dan balik kan jadi sayang saja waktunya," kata Wardani.

Ancol

Tempat wisata lainnya, Ancol, juga diserbu pengunjung hari ini. Corporate Communication Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho mencatat 19 ribu pengunjung menghabiskan libur Natal di kawasan rekreasi Ancol, Jakarta Utara.
 
“Per pukul 14.00 WIB, sudah ada 19 ribuan pengunjung," ujar Ariyadi.
 
Dia mengatakan tak ada lonjakan pengunjung di libur Natal tahun ini. Jumlah pengunjung tak jauh berbeda dari libur akhir pekan sebelumnya. Jumlah pengunjung pada hari Natal saat ini masih 25 persen dari kapasitas Ancol.

TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga ramai dikunjungi warga pada hari ini. Kepala Bagian Humas TMII, Adi Widodo mengatakan hingga pukul 15.00 WIB, jumlah pengunjung mencapai 14 ribu orang.
 
Dia mengatakan ada peningkatan pengunjung pada hari Minggu atau pada libur Natal dibanding akhir pekan lalu. Namun, jumlah pengunjung masih jauh dari batas yang ditetapkan, yakni 45 ribu orang.
 
"Sementara di data Minggu kemarin, kita mencapai 12.500. Sehingga juga pada hari ini terjadi peningkatan," ujar Adi.

Harga Tiket Naik

Adi mengatakan pihaknya menyediakan pelayanan tiket secara daring dan luring. Ada pun harga tiket masuk bagi pengunjung, yakni Rp25.000. Naik Rp5 ribu dari sebelumnya Rp20.000.
 
Adi mengatakan kenaikan harga tiket masuk tersebut bertujuan meningkatkan pelayanan pada wisatawan yang datang berkunjung. Kenaikan harga mulai berlaku pada 18 Desember 2021.
 
"Jam pelayanan kita mulai jam 6 pagi sampai jam 18.00 atau jam 6 sore. Itu setiap hari. Yang kita lakukan seperti itu," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif