21 Pasar Tradisional di Jakarta Bakal Direvitalisasi

Siti Yona Hukmana 04 November 2018 08:00 WIB
revitalisasi pasar
21 Pasar Tradisional di Jakarta Bakal Direvitalisasi
lustrasi: MTVN/Rakhmat Riyandi
Jakarta: Perusahaan Umum Daerah (PD) Pasar Jaya bakal merevitalisasi 21 pasar tradisional yang tersebar di wilayah DKI Jakarta. Pasar itu akan diubah menjadi pasar tradisional yang berkonsep modern.

"Revitalisasi tersebut akan kami lakukan dengan tujuan untuk lebih mengembangkan konsep pasar tradisional, yang selama ini diterapkan di Ibu Kota," kata Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 3 November 2018.

Arief menyatakan, dengan membuat pasar-pasar tradisional itu lebih hidup ia ingin pasar tradisional di Jakarta mampu menghadapi kompetisi yang semakin ketat. Ia mengaku, pembangunan pasar itu nantinya akan ada memiliki dua konsep, yakni pembangunan pasar yang berdiri sendiri dan pasar yang dikombinasikan dengan fungsi lain.


"Pasar yang berdiri sendiri atau pasar rakyat yang diperuntukkan khusus bagi pedagang itu nantinya akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang, diantaranya tempat distribusi dan hiburan berupa bioskop rakyat," tutur Arief.

Sementara pasar yang dikombinasikan dengan fungsi lain, lanjut dia, umumnya lebih bersifat komersial. Sehingga, akan diintegrasikan dengan permukiman warga, rusunawa atau rusunami, hotel, perkantoran dan sebagainya.

Baca: Revitalisasi Pasar Yakin Tercapai

Sebanyak 21 pasar yang akan direvitalisasi itu, di antaranya Pasar Minggu, Jakarta Selatan; Pasar Kebon Melati, Jakarta Pusat; Pasar Lontar, Jakarta Pusat; Pasar Lontar, Jakarta Utara; Pasar Jembatan Lima, Jakarta Barat; Pasar Jembatan Besi, Jakarta Barat; Pasar Slipi, Jakarta Barat; dan Pasar Jelambar Polri, Jakarta Barat.

Kemudian, Pasar Radio Dalam, Jakarta Selatan; Pasar Mede, Jakarta Selatan; Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan; Pasar Karet Pedurenan, Jakarta Selatan; Pasar Mampang Prapatan, Jakarta Selatan; Pasar Kayu Putih, Jakarta Utara; Pasar Rawamangun, Jakarta Timur, Pasar Rawabadak, Jakarta Utara; Pasar Sindang, Jakarta Utara; Pasat Jembatan Merah Blok A, Jakarta Pusat; Pasar Sunan Giri, Jakarta Timur; Pasar Cipete Utara Blok A, Jakarta Selatan; dan Pasar Serdang, Jakarta Pusat.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id