Pulau Reklamasi Bakal Dibuka untuk Umum
Pulau hasil reklamasi Teluk Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membuka pulau reklamasi kepada masyarakat. Kawasan pulau C, D, dan G nantinya bisa diakses publik secara gratis.

“Nanti kita akan buka akses seluas-luasnya untuk publik. Karena secara teknis, pantai tidak bisa dimiliki oleh perorangan,” kata Anies di kawasan Sentul, Jawa Barat, Sabtu, 24 November 2018. 

Anies menegaskan dirinya tidak ingin menjadikan kawasan reklamasi Pantai Utara Jakarta sebagai kawasan privat. Dia ingin semua masyarakat bisa mengakses kawasan tersebut, terlebih warga Jakarta belum memiliki kawasan pantai yang bisa diakses secara gratis. 


“Jadi nanti warga Jakarta bisa punya pantai publik yang gratis, kalau sore bisa lihat sunset,” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menugaskan PT Jakarta Propertindo sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI untuk mengelola lahan di tiga pulau, yakni Pulau C, D, dan G. Penugasan itu diberikan kepada Jakpro melalui Peraturan Gubernur Nomor 120 Tahun 2018.

Pengelolaan itu mencakup perencanaan, pembangunan, dan pengembangan prasarana untuk kepentingan publik di lahan reklamasi. Prasarana yang dimaksud antara lain rumah susun tematik untuk masyarakat berpenghasilan rendah, pasar tematik ikan, tempat ibadah, kantor pemerintah, dan dermaga.

Penataan di lahan reklamasi kini tengah dirancang oleh Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Bidang Pesisir dan Jakpro.

"Saya sekarang lagi minta dibuat 3D-nya biar lebih ilustratif," kata Anies. (Faisal Abdalla)



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id