Anies Baswedan Dapat Tongkat Kepemimpinan dari Delegasi Afrika

Muhammad Al Hasan 06 Juli 2018 13:39 WIB
kunjungan kenegaraan
Anies Baswedan Dapat Tongkat Kepemimpinan dari Delegasi Afrika
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendapat suvenir istimewa dari delegasi Afrika dalam Pertemuan Ulama dan Da'i se-Asia, Afrika dan Eropa ke-V, di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Juli 2018. Foto: Medcom.id/ Muhammad Al Hasan.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendapat suvenir istimewa dari delegasi Afrika dalam Pertemuan Ulama dan Da'i se-Asia, Afrika dan Eropa ke-V. Anies tak menyangka akan mendapat hadiah yang merupakan simbol kepemimpinan dari negara Eropa tersebut.

"Jadi tongkat dari chief suku-suku di Afrika, di sana ini merupakan tongkat simbol kepemimpinan. Orang yang dipercaya rakyat, orang yang memegang ini ditaati rakyatnya," kata Anies di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Juli 2018.

Selain tongkat, Anies juga mendapat syal khas Afrika dengan rajutan bertuliskan Ghana. Membalas hal tersebut, Anies memberikan topi gubernur DKI Jakarta sebagai suvenir untuk delegasi Arika.


"Sebagai gantinya saya kasih dia topi gubernur," ungkap Anies.

Selain simbol kepemimpinan, Anies mengatakan tongkat tersebut juga bisa diartikan bentuk penghargaan dari Afrika yang menegaskan bahwa umat Islam di Indonesia tidak sendiri.

Begitupula dengan acara Pertemuan Ulama dan Da'i se-Asia, Afrika dan Eropa ke-V ini adalah bentuk dukungan global umat muslim dunia kepada Indonesia.

"Ini adalah pertanda bahwa Indonesia punya sahabat, Jakarta punya sahabat, dan kita punya peran global," pungkas Anies.

Tongkat dari kayu yang dihiasi ukiran Kuningan berbentuk singa dan juga suvenir lainnya dari negara-negara delegasi itu rencananya akan menjadi inventaris Pemprov dan akan Anies jadikan koleksi di Gedung Balaikota DKI Jakarta.

"Ini diberikan untuk Gubernur bukan untuk Anies, jadi akan jadi inventaris Pemprov, saya pajang di Pemprov, " pungkas Anies.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id