Patungan Pemprov DKI untuk Korban Gempa Lombok Capai Rp3,9 Miliar

Nur Azizah 13 September 2018 10:43 WIB
Gempa Lombok
Patungan Pemprov DKI untuk Korban Gempa Lombok Capai Rp3,9 Miliar
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Hasil patungan Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI Jakarta untuk korban gempa Lombok telah mencapai Rp3,9 miliar. Uang tersebut dikumpulkan sejak 8 Agustus 2018 hingga hari ini, Kamis 13 September 2018.

"Saya mengumpulkan uang ASN. Per-hari ini sudah Rp3,9 miliar untuk korban gempa," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 13 September 2018

Saefullah mengatakan, aksi solidaritas itu bukan baru ini saja. Setiap ada bencana, Pemprov DKI sering mengeluarkan edaran yang meminta seluruh ASN membantu.


"Setiap gempa saya kasih edaran. Sekolah-sekolah juga saya imbau. Kita buka rekening, mereka menyetorkan. Jadi, enggak ada uang cash," ujar dia.

Baca: Anies Ajak Warga Bantu Korban Gempa Lombok

Setelah uang terkumpul, Pemprov DKI Jakarta membuat kerjasama dengan Pemerintah kota Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kerjasama dalam bentuk pembangunan sekolah, rumah sakit, atau perumahan.

"Misalnya, mereka butuh bangun sekolah ya kita bantu. Tapi sistemnya kerja dulu nanti kita bayar," ungkapnya.

Gempa yang mengguncang Lombok menyebabkan kerugian hingga lebih dari Rp5 triliun. Angka itu berasal dari catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Beberapa waktu lalu, Kepala Pusat Data dan Informasi Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho memaparkan total kerugian tersebut berasal dari sektor permukiman Rp3,82 triliun, infrastruktur Rp7,5 miliar, hingga ekonomi produktif Rp432,7 miliar. Selain itu, ada kerugian sosial budaya Rp716,5 miliar dan lintas sektor Rp61,9 miliar.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id