Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala.
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala.

Tilang Elektronik Bisa Rekam Wajah Pengemudi per 1 Juli

Nasional tilang elektronik
Candra Yuri Nuralam • 30 Juni 2019 06:02
Jakarta: Tilang elektronik atau Electronic-Traffic Law Enforcement (e-TLE) akan diterapkan mulai 1 Juli dengan fitur baru yakni perekaman wajah. Pengemudi yang melanggar bakal terekam dengan alat tersebut.
 
"Jadi, mulai 1 Juli nanti diberlakukan untuk tilang e-TLE dengan tambahan fitur bisa melihat di dalam mobil," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf seperti dilansir Antara di Jakarta, Sabtu, 29 Juni 2019.
 
Yusuf mengatakan sejatinya kamera pengawas yang ada sudah memiliki teknologi yang bisa mengenali wajah pengendara sejak tahun lalu. Namun, baru tahun ini fitur tersebut digunakan untuk melakukan tilang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yusuf juga mengatakan bahwa fitur ini bisa merekam semua pelanggaran lalu lintas dengan lebih rinci. Segala bentuk pelanggaran akan direkam sebagai bukti.
 
"CCTV (kamera pengintai) yang lama sudah bisa mengidentifikasi pelanggar dari belakang, seperti menerobos lampu merah, melanggar marka jalan, kemudian ditambah beberapa fitur yang bisa mendeteksi dari depan," ujar Yusuf.
 
Fitur ini juga bisa merekam hingga menembus kaca mobil. Kamera juga bisa melihat dengan detail pengemudi penggunakan sabuk pengaman atau tidak.
 
"Fitur ini juga bisa mengetahui identitas, wajah pengemudi, jadi sudah tidak bisa mengelak lagi," tutur Yusuf.
 
Direktorat lalu lintas Polda Metro Jaya sendiri sudah melakukan uji coba sejak sebulan lalu. Fitur ini juga sudah dipasang di sepuluh CCTV sepanjang jalan Sudirman sampai Thamrin, Jakarta Pusat.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif