Bangunan roboh di Matraman, Jakarta Timur. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
Bangunan roboh di Matraman, Jakarta Timur. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin

Bangunan Roboh di Jaktim Tak Penuhi Standar

Nasional bangunan ambruk
Zaenal Arifin • 11 Februari 2020 21:43
Jakarta: Material bangunan yang roboh di Jalan Pisangan Baru Tengah, Matraman, Jakarta Timur, tidak memenuhi standar bangunan tiga lantai. Hal ini langsung terlihat dari proses roboh dan bentuk bangunan.
 
"Bangunannya enggak bagus. Besinya kan kecil-kecil semua kan. Beton-betonnya mutunya kurang bagus. Secara kasat mata begitu, kurang memenuhi syarat dengan ketebalan balok kolom tersebut," kata Kepala Suku Dinas (Sudin) Cipta Karya Tata Ruang dan Pertahanan (Citata) Jakarta Timur Widodo Suprayitno di lokasi kejadian, Selasa, 11 Februari 2020.
 
Pihaknya akan memanggil pemilik gedung atas dugaan kecerobohan karena memakai jasa pekerja yang tidak profesional. Diduga pengerjaan bangunan mandiri dikerjakan pemilik tanpa menggunakan kontraktor atau pekerja profesional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Boleh saja pake mandor sendiri, tapi jangan nyuruh kuli biasa, harus profesional," ujar Widodo.
 
Bangunan Roboh di Jaktim Tak Penuhi Standar
Bangunan di Matraman, Jaktim, roboh, Selasa, 11 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
 
Standar pembangunan struktur lantai tingkat tiga harus sesuai dengan desain atau kerangka bangunan sesuai Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Izin ini dikeluarkan kepala daerah setempat.
 
Standar pembangunan sudah tertera di IMB. Bangunan dijamin lebih handal jika mengikuti standar dan izin yang telah keluar.
 
"Kalau pembangunan mengikuti gambar di IMB sih dipastikan tidak terjadi peristiwa demikian. Karena di IMB kan sudah diuji," ucapnya.
 
Sebuah bangunan tiga lantai di Jalan Pisangan Baru Tengah, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, ambruk. Bangunan tersebut sedang dalam proses pembangunan. Bangunan tersebut roboh sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa, 11 Februari 2020.
 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif