Ilustrasi LRT. Gonti Hadi Wibowo
Ilustrasi LRT. Gonti Hadi Wibowo

Pembangunan LRT Kelapa Gading-JIS Ditunda, Ini Alasannya

Yakub Pryatama Wijayaatmaja • 21 Oktober 2021 04:43
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menunda pembangunan light rail transit (LRT) fase 2a rute Kelapa Gading-Jakarta International Stadium (JIS). Pembangunan ditunda hingga 2022.
 
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo membeberkan alasan pihaknya meninda pengerjaan proyek LRT fase 2a Kelapa Gading hingga JIS. Penundaan lantaran proyek tak mendapatkan suntikan modal.
 
"Selama pandemi kita mengalami kontraksi, APBD DKI cukup terkoreksi signifikan sehingga tidak mungkin ada PMD (Penyertaan Modal Daerah) untuk pembangunan LRT Kelapa Gading-JIS," tutur Syafrin, Rabu, 20 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syafrin menjelaskan pembangunan LRT belum bisa dimulai tahun ini. Sebab, harus ada mitra strategis untuk pembangunan.
 
"Untuk kelanjutannya itu rekan-rekan dari Jakpro akan mencari mitra strategis untuk pembangunan itu apakah polanya dengan KPDBU (Kerja Sama Pemerintah Daerah Dengan Badan Usaha) atau pola creative financing yang lain," tutur dia.
 
Intinya, kata Syafrin, Jakpro harus bergerak mencari investor (pendana) agar proyek LRT Kelapa Gading-JIS bisa segera berjalan. "Sekarang Jakpro lagi kajian penyusunan dokumen teknis. Begitu itu siap mereka akan menyiapkan proses pencarian mitra strategis. Setelah itu otomatis projek ini akan berlanjut," ujar dia.
 
Baca: Beroperasi 2022, Progres Pembangunan LRT Jabodebek Capai 94,36%
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif