Tanah Abang, Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani
Tanah Abang, Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani

Bus Rute Stasiun Tanah Abang Padat, Masyarakat Enggan Antre

Nasional DKI Jakarta Virus Korona Pemprov DKI tanah abang covid-19 pandemi covid-19
Kautsar Widya Prabowo • 05 Mei 2021 01:46
Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyediakan bus TransJakarta menuju lima stasiun kereta rel listrik (KRL) dari maupun ke Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Layanan ini diberikan menyusul penutupan sementara Stasiun Tanah Abang pada pukul 15.00-19.00 WIB. 
 
Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo menyebut bus ini cukup dipenuhi penumpang. Banyak masyarakat yang enggan mengantre dan menunggu keberangkatan bus selanjutnya. 
 
"Kemudian mereka (penumpang) biasanya rombongan. Memang yang belanjanya (dari Tanah Abang) itu satu kampung. Jadi ketika naik bus, (mereka bilang,) 'Ini rombongan saya.' Tidak mau mereka naik bus berikutnya," ujar Syafrin di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 4 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemprov DKI Kaji Usulan Penutupan Tempat Wisata Selama Libur Lebaran
 
Menurut dia, petugas di lapangan sempat bergesekan dengan penumpang. Beberapa penumpang diminta turun dan menunggu bus selanjutnya agar tidak terlalu padat. Namun, penumpang enggan menuruti instruksi tersebut.
 
"(Kata penumpang,) 'Pak itu rombongan saya.' Nah, ini kondisi ini yang kemudian tidak bisa kita lakukan pembatasan. Kami anggap aksi dengan frontal seperti itu," jelas dia.
 
Kendati demikian, Syafrin menekankan penumpang di dalam bus itu harus menaati protokol kesehatan (prokes). Hal ini untuk menekan potensi penularan covid-19.
 
Sebanyak 20 bus TransJakarta mengantarkan pengunjung Pasar Tanah Abang ke lima stasiun terdekat. Calon penumpang tak bisa mengakses Stasiun Tanah Abang yang ditutup sementara mulai Senin, 3 Mei 2021.
 
"Karena Stasiun Tanah Abang ditutup mulai pukul 15.00-19.00 WIB, jadi ada bus TransJakarta yang akan mengantarkan warga ke stasiun kereta terdekat," ucap Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Yayat Sudrajat, di Stasiun Tanah Abang, Senin, 3 Mei 2021.
 
Yayat mengatakan bus TransJakarta di Stasiun Tanah Abang melayani penumpang tanpa biaya. Aturan 50 persen kapasitas maksimal juga diberlakukan.
 
"Ini masih pandemi covid-19, jadi 50 persen saja penumpang yang boleh ada di bus TransJakarta. Biasanya bisa mengangkut 70 penumpang," kata dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif