Pemakaian Stadion Utama GBK Meningkat 100%
Dirut Pusat Pengelola Komplek GBK Winarto. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Pemakaian Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK) meningkat dua kali lipat setelah direvitalisasi. Biasanya, SUGBK hanya dipakai sekitar 10 hingga 12 kali dalam setahun.
 
Dirut Pusat Pengelola Komplek GBK Winarto mengatakan, pemakaian SUGBK tambah ramai sejak pelaksanaan Asian Games 2018. SUGBK tak hanya disewa untuk pertandingan olahraga namun juga acara musik hingga keagamaan.
 
"Memang setelah event Asian Games itu pemakaian sangat tinggi, berbeda sekali dari sebelumnya. Lalu, bukan hanya olah raga yang bergairah, tetapi juga event-event lain itu bergairah," kata Winarto di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Desember 2018.
 
Winarto menuturkan, saking ramainya, banyak acara yang harus ditolak demi menjaga rumput dan kebersihan SUGBK. Biasanya, usai acara pengelola SUGBK selalu mengistirahatkan stadion dari aktifitas apapun.
 
"Kebiasaannya selalu tengah malam habis acara itu kita mengopname seluruh lapangan. Kalau ada sampah kita bersihkan atau kalau ada kerusakan perbaikan," ungkapnya.

Baca: Wajah Baru Stadion Gelora Bung Karno

Di bulan Desember ini, setidaknya ada dua agenda besar di SUGBK, yakni agenda keagamaan di 8 Desember 2018 dan pertandingan Liga 1 2018 di tanggal 9 Desember 2018. Sebelumnya, Persija sempat ketar-ketir lantaran pertandingan Liga 1 berdekatan dengan kegiatan lain.
 
Namun, Pemprov DKI Jakarta memastikan bakal mengerahkan 2 ribu petugas kebersihan untuk membersihkan SUGBK usai digunakan pada tanggal 8 Desember. "Setelah yang tanggal 8 selesai, kita langsung bersihkan dan siap-siap untuk membongkar grass cover," pungkas dia.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id