Pedagang pasar jongkok dan penjual hewan kurban jalani swab test di Kelurahan Semper Timur. Medcom.id/Yurike Budiman
Pedagang pasar jongkok dan penjual hewan kurban jalani swab test di Kelurahan Semper Timur. Medcom.id/Yurike Budiman

Pedagang Pasar Jongkok dan Penjual Kurban Tes Swab Massal

Nasional dki jakarta Virus Korona New Normal
Yurike Budiman • 28 Juli 2020 17:50
Jakarta: Sebanyak 91 pedagang Pasar Jongkok dan penjual hewan kurban di Semper Timur, Jakarta Utara, tes swab massal. Deteksi dini ini dilakukan Puskesmas Kecamatan Cilincing untuk memetakan penyebaran covid-19 di Ibu Kota.
 
Lurah Semper Timur Cahyo Hudoyo mengatakan, tes usap kali ini sengaja menyasar pedagang dan penjual kurban yang semakin menjamur jelang Hari Raya Iduladha 2020. Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) dan petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) Kelurahan Semper Timur juga jadi target.
 
"Sehari sebelum kegiatan, kita kirimkan undangan (swab test) buat para pedagang pasar jongkok dan penjual hewan kurban," kata Cahyo saat ditemui di Jakarta, Selasa, 28 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia berharap pedagang yang berjualan menjelang hari raya kurban mematuhi protokol kesehatan. Terutama saat berdagang.
 
"Selalu mengingatkan pembelinya untuk menerapkan 3M saat berbelanja. Mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," tuturnya.
 
Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, Edison Syahputra, mengatakan tes swab bagian active case finding (ACF) pada sektor penggerak ekonomi. Seluruh pekerja yang berhubungan dengan pelayanan di kelurahan menjadi peserta tes swab.
 
"Dari kami petugas kesehatan menurunkan 16 personel. Tiga orang dokter, 10 tenaga kesehatan dan tiga orang dari laboratorium," kata Edison.
 

(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif