Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Stasiun MRT ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Januari 2020. Foto: Medcom.id/Cindy
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Stasiun MRT ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Januari 2020. Foto: Medcom.id/Cindy

KRL dan TransJakarta Akan 'Dikawinkan'

Nasional transjakarta krl transportasi
Cindy • 22 Januari 2020 13:58
Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana mengintegrasikan stasiun kereta rel listrik (KRL) dengan bus TransJakarta (TJ). Stasiun Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, menjadi salah satu targetnya.
 
"Di Kebayoran Lama, yaitu antara rel stasiun kereta dengan halte TJ itu secara fisik (integrasi) cukup menantang," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di MRT ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 22 Januari 2020.
 
Menurut dia, pengguna KRL dan Transjakarta kesulitan berganti moda transportasi di sekitar Stasiun Kebayoran Lama. Pasalnya, jarak antara halte TJ dan Stasiun Kereta cukup jauh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bayangkan kereta api penumpangnya turun di Kebayoran Lama, kemudian naik ke jalan di atasnya, lalu baru ada Transjakarta. Jadi dua lapis," ucap Anies.
 
Selain Stasiun Kebayoran Lama, kata dia, DKI juga akan mengelola sejumlah stasiun KRL di Jakarta. Dengan begitu, konsep intergrasi antarmoda transportasi bisa terjadi.
 
Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan ada empat stasiun yang akan dikawinkan dengan halte TJ. Lokasi ini yakni Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Senen, Stasiun Juanda, dan Stasiun Tanah Abang.
 
"Bila itu kita bisa kerjakan, maka insyaallah kereta api, MRT, TransJakarta, menjadi satu kesatuan," ungkap dia.
 
Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memulai pembangunan jembatan layang Stasiun MRT ASEAN menuju Halte TransJakarta CSW. Fasilitas ini mengintergrasikan MRT dengan Transjakarta.
 
"Kita merasa MRT dibangun, TransJakarta dibangun, tetapi tidak satu kesatuan sehingga pengguna TransJakarta koridor 13 kesulitan berpindah ke MRT begitu juga sebaliknya," kata Anies.
 
Pembangunan jembatan ditargetkan rampung pertengahan 2020. Anies mempercayakan pembangunan tersebut kepada Transjakarta.
 
"Bulan Agustus sudah bisa dibuka dan dirasakan warga Jakarta. Ketika sudah integrasi, mindset warga akan mulai berubah karena sadar bahwa kendaraan umum bukan satu moda tapi seluruh moda," ucap Anies.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif