Sejumlah PKL tetap berjualan di trotoar yang berada di bawah skybridge, Tanah Abang, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.
Sejumlah PKL tetap berjualan di trotoar yang berada di bawah skybridge, Tanah Abang, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.

Anies Mulai Jengkel dengan PKL Tanah Abang

Nasional razia pkl
Nur Azizah • 21 Januari 2019 12:33
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal terus menertibkan pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang yang menyalahi aturan. Kericuhan dipastikan tak menghentikan razia PKL.
 
"Jadi penertiban akan jalan terus dan kita akan lakukan dengan profesional. Kita berharap masyarakat juga memberikan apresiasi kepada mereka (petugas) yang bekerja di lapangan ini," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 21 Januari 2019.
 
Ia pun meminta masyarakat tak seenaknya melanggar aturan. Ironisnya, lanjut Anies, pelanggar akan lebih galak ketimbang petugas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sering yang ditertibkan lebih galak daripada yang mau menertibkan. Kalau ada proses penertiban, biasanya yang disalahkan adalah yang menertibkan."
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebidyaan ini meminta masyarakat memahami tugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) di lapangan. Menurut dia, tugas mereka tak memiliki banyak risiko.
 
"Itu yang masyarakat perlu sadari. Satu sisi harus menertibkan, sisi lain mereka harus ekstra sabar menghadapi pelanggar yang biasanya lebih galak dan ketika direkam itu lebih sensasional," ungkap dia.
 
Baca: Ricuh PKL Tanah Abang Buntut Skybridge Penuh
 
Rabu, 16 Januari 2019, kericuhan terjadi antara PKL Tanah Abang dan petugas Satpol PP. Kericuhan bermula ketika petugas menertibkan PKL Tanah Abang yang berjualan di atas trotoar. Pedagang yang tak terima melawan petugas.
 
Dalam video singkat yang beredar, sejumlah pedagang melempar batu dan bambu ke arah petugas. Saat ini, polisi sudah mengamankan tujuh orang untuk dimintai keterangan. Satu di antaranya ialah PKL yang terekam melempar kayu ke Satpol PP.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif