20 Kota di Indonesia Rawan Banjir

Nur Azizah 01 November 2018 16:59 WIB
ancaman banjir
20 Kota di Indonesia Rawan Banjir
Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hari Suprayogi. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Musim hujan diprediksi akan terjadi mulai November dan Desember 2018. Puncaknya diperkirakan terjadi pada Januari dan awal Februari 2019.
 
Curah hujan yang tinggi berpotensi merendam 20 kota di Indonesia. 20 kota itu yakni, Jakarta, Bandung, Solo, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Lampung, Pontianak dan Palu. Selain itu Samarinda, Makassar, Ambon, Manado, Gorontalo, Kediri, Palembang, Jayapura, Sorong dan Papua.
 
Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hari Suprayogi mengatakan, upaya penanggulangan banjir telah dilakukan di seluruh kota tersebut.

Baca: Musim Hujan di Yogyakarta Datang November Minggu Kedua

Salah satunya dengan membangun pintu air sebanyak 16 unit dan membangun dua kolam retensi. Selain itu, Direktorat SDA Kementerian PUPR juga menormalisasi sungai, tanggul, kanal sepanjang 142 kilometer.
 
 "Ini sudah berjalan sejak 2015 hingga 2018. Pada tahun 2019 kita akan melakukan hal yang sama dengan anggaran Rp4,4 triliun," kata Hari di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis, 1 November 2018.
 
Selain itu, Direktorat SDA Kementerian PUPR juga sudah membuat pengendalian banjir sepanjang 874 kilometer dari tahun 2015 dengan total biaya Rp15 triliun. Sedangkan untuk tahun ini, pengendalian banjir sudah dibangun sepanjang 195 km.
 
"Upaya pencegahan lainnya yakni membangun bendungan sebanyak 149 bendungan yang mampu menampung volume air 4,851 miliar meter kubik," pungkas dia.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id