Ilustrasi banjir. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi banjir. Medcom.id/M Rizal

Banjir Mulai Surut, 49 RT di Jakarta Masih Terdampak

Nasional banjir banjir jakarta dki jakarta cuaca ekstrem musim hujan Jakarta Banjir Anies Baswedan
Cindy • 21 Februari 2021 14:09
Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan banjir yang menggenang di sejumlah wilayah di Ibu Kota sejak kemarin, 20 Februari 2021, mulai surut. Tersisa puluhan rukun tetangga (RT) masih tergenang banjir.
 
"Secara keseluruhan ada 49 RT yang masih terdampak dari total 30.470 RT yang ada di Jakarta, atau sejumlah 0,161 persen," ungkap pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto lewat keterangan tertulis, Minggu, 21 Februari 2021.
 
Dia merinci wilayah yang masih tergenang di Jakarta Barat sebanyak lima rukun warga (RW) dan 6 RT dengan ketinggian air 40-70 sentimeter (cm). Kemudian, Jakarta Selatan terdapat 6 RW dan 11 RT dengan ketinggian air 40-90 cm, serta Jakarta Timur sebanyak 12 RW dan 32 RT dengan ketinggian air 40-100 cm.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk wilayah Jakarta Pusat, seluruh wilayah telah kering seluruhnya," ucap Sabdo.
 
Baca: Lama Surut, Ini Penjelasan Anies Soal Banjir di Kemang
 
BPBD DKI mencatat sebanyak 1.722 jiwa atau 514 Kepala Keluarga (KK) masih mengungsi. Seluruhnya berada di 10 lokasi pengungsian yang ada di Jakarta Timur.
 
"Pagi ini juga telah didistribusikan makanan dan perlengkapan untuk proses pembersihan hari ini sesuai instruksi Pak Gubernur (Anies Baswedan)," ungkap Sabdo.
 
Seluruh masyarakat diminta berkolaborasi meringankan beban pengungsi di Ibu Kota. Kebutuhan mendesak yang diperlukan saat ini berupa logistik, perahu, makanan, minuman, peralatan medis, keperluan keluarga, matras, selimut, dan masker.
 
Sabdo menyebut pihaknya juga terus memantau secara intensif perkembangan cuaca guna memprediksi potensi hujan dan banjir susulan. Masyarakat diminta tetap waspada serta melaporkan temuan banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif