Ilustrasi: TransJakarta membatasi jumlah penumpang tiap bus selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi: TransJakarta membatasi jumlah penumpang tiap bus selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Transportasi Umum Dijamin Tak Membeludak saat Ganjil-Genap Berlaku

Nasional dki jakarta Virus Korona New Normal
Insi Nantika Jelita • 01 Agustus 2020 04:34
Jakarta: Pembatasan mobil pribadi saat ganjil-genap berlaku akan membuat warga beralih ke transportasi umum. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meyakini transportasi umum tidak membeludak berdasarkan simulasi yang ada.
 
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mencontohkan kapasitas MRT dari arah selatan Jakarta. Rata-rata penumpang saat ini hanya sepertiga dari kapasitas maksimal sekali perjalanan.
 
"Kapasitas satu rangkaian dengan physical distancing itu 300 orang. Artinya ini masih jauh dari kapasitas yang ditampung," ujar Syafrin di Gedung Balai Kota Jakarta, Jumat (31/7).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Begitu juga dengan moda bus TransJakarta. Syafrin menyebut jumlah bus 25 ruas jalur TransJakarta ditambah saat ganjil-genap diberlakukan pekan depan.
 
"Begitu ada antrean yang mulai keluar halte, otomatis bus kami tambah. Jadi tidak lagi headway 5 atau 3 menit, tapi bahkan bisa detik," kata Syafrin.
 
Uji coba ganjil genap di 25 ruas jalan akan dilakukan pada Senin, 3 Agustus 2020. Ganjil-genap berlaku pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-21.00 WIB.
 

(SUR)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif