Tuntutan pengemudi kepada manajemen Go-Jek -- MTVN/Arga Sumantri
Tuntutan pengemudi kepada manajemen Go-Jek -- MTVN/Arga Sumantri

Jawaban Sementara dari Manajemen Go-Jek

Arga sumantri • 03 Oktober 2016 17:22
medcom.id, Jakarta: PT GoJek Indonesia menanggapi aksi demo yang dilakukan oleh mitra pengemudinya. Jawaban itu diberikan melalui selebaran yang beredar di tengah aksi.
 
Selebaran tulisan tangan itu dibagikan oleh salah seorang pegawai manajemen Go-Jek bernama Fauzan. Dia memastikan, selebaran itu sebagai jawaban sementara manajemen PT GoJek Indonesia terhadap tuntutan demonstran.
 
Dalam selebaran tertulis, sistem performa dibentuk dengan tujuan memberikan semangat mitra driver dalam menyelesaikan order dari costumer. Bila performa lebih dari 50 persen order baik, maka (driver) berhak dapat poin bonus.

Terkait suspend, sistem tersebut sengaja diberlakukan kepada driver yang melakukan fraud berdasar data teknis yang kuat. Termasuk membuat order palsu atau melakukan tindakan mengganggu kenyamanan pelanggan, driver lain, dan publik.
 
Sementara tuntutan asuransi, manajemen PT Gojek Indonesia mengklaim sudah memberikannya. Namun, asuransi hanya diberikan ketika driver membawa penumpang.
 
"Kesehatan driver dan asuransi jiwa berdasarkan aturan on/off. Kalau sedang tugas, nyala asuransinya. Sampai sekarang baru dua hal tersebut," kata Fauzan, Senin (3/10/2016).
 
Jawaban Sementara dari Manajemen Go-Jek
Suasana demo pengemudi Go-Jek -- MTVN/Arga Sumantri
 
Sebelumnya, ratusan pengemudi Go-Jek menggelar unjuk rasa besar-besaran. Mereka menuntut penghapusan peraturan yang dianggap tidak transparan bagi driver, salah satunya sistem performa.
 
Sistem performa yang diterapkan PT Gojek Indonesia untuk memberi bonus tambahan kepada mitranya dianggap tidak jelas. Sebab, cara penghitungannya terkesan dibuat-buat.
 
Berikut tuntutan yang diserukan pengemudi Go-Jek:
1. Menuntut dan meminta PT Gojek Indonesia menghapus performa yang menyulitkan driver untuk mencapai bonus
2. Menuntut PT Gojek Indonesia membuat payung hukum yang independen dari keluhan dari keluhan driver
3. Menuntut PT Gojek Indonesia transparan dalam setiap kebijakan dan sistem yang dibuat
4. Menuntut PT Gojek Indonesia menstabilkan sistem menjadi lebih baik (tidak sering eror)
5. Menuntut PT Gojek Indonesia memberikan kebijakan peraturan yang sewajarnya
6. Menuntut PT Gojek Indonesia menghilangkan sistem suspend yang tidak jelas alasannya
7. Menuntut PT Gojek Indonesia memberikan kebijakan tarif yang rasional untuk seluruh driver se-Indonesia.
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(NIN)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan