Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahilah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahilah

Pakar: Putusan MA Tak Bisa Disebut Kedaluwarsa

Nasional pkl pedagang kaki lima tanah abang
Theofilus Ifan Sucipto • 06 September 2019 06:31
Jakarta: Pakar Hukum Tata Negara Universitas Atma Jaya Yogyakarta Riawan Tjandra menyebut keputusan Mahkamah Agung (MA) tidak bisa kedaluwarsa. Hal ini merespons pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut putusan MA tentang penertiban pedagang di trotoar Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, kedaluwarsa.
 
"Keputusan MA itu tidak ada kedaluwarsanya," kata Riawan kepada Medcom.id, Kamis, 5 September 2019.
 
Ia menyatakan sifat keputusan MA adalah memiliki kekuatan hukum tetap. Makanya, keputusan MA harus segera dilaksanakan tanpa ada tenggat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Riawan, dalam melaksanakan putusan MA memang bisa menemui sejumlah hambatan. Apabila situasi itu terjadi, pihak tergugat dan penggugat harus dipertemukan.
 
"Karena dimungkinkan adanya kompensasi administratif," ujar Riawan.
 
Riawan mengatakan pihak tergugat tak boleh dengan sengaja mengabaikan keputusan MA. Pihak tergugat wajib membayar uang administratif bila sengaja tidak menjalankan putusan tersebut.
 
"Uang paksa yang dibayar dihitung dari jumlah yang ditetapkan hakim, dikali biaya setiap hari keterlambatan. Jadi berapa pun kerugian yang dialami, diganti oleh pemerintah," pungkasnya.
 
Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sinyal tak akan menjalankan putusan Mahkamah Agung tentang penertiban pedagang di trotoar Jalan Jatibaru, Tanah Abang. Mantan Menteri Pendidikan itu menyebut aturan itu usang.
 
"Keputusan MA itu kedaluwarsa," kata Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2019.
 
Anies mengaku sempat menggunakan otoritasnya mengizinkan pedagang berjualan di Jatibaru. Namun, ia mengklaim izin itu berlaku hingga jembatan layang multiguna (skybridge) selesai dibangun.
 
"Lalu keluar keputusan melarang berjualan di jalan di saat sudah tidak ada yang berjualan di jalan. Itu maksud saya dengan kedaluwarsa," ujarnya.
 

 

(AGA)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif