Legislator DKI dari Fraksi Partai Gerindra M. Syarif. Foto: MI/Galih Pradipta
Legislator DKI dari Fraksi Partai Gerindra M. Syarif. Foto: MI/Galih Pradipta

Pemprov DKI Diminta Segera Perbaiki Sistem e-Budgeting

Nasional kisruh apbd dki
Theofilus Ifan Sucipto • 04 November 2019 15:43
Jakarta: Legislator DKI dari Fraksi Partai Gerindra M. Syarif meminta Pemprov DKI mempercepat proses perbaikan sistem e-budgeting. Perbaikan ini dinilai mendesak untuk mencegah terjadi salah memasukkan data.
 
"Iya (rencana) itu bagus. Saya mungkin minta dipercepat (perbaikannya), sebelum penganggaran 2021," kata Syarif di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin 4 November 2019.
 
Syarif mengatakan pembahasan Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2021 bakal dimulai pada April 2020. Dia berharap sistem e-budgeting yang baru bisa digunakan untuk penyusunan APBD 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita inginya 2020 sudah bisa pakai sistem yang baru yang sudah di-upgrade," tutur Syarif.
 
Sekretaris Komisi D DPRD DKI itu juga menyoroti soal anggaran lem aibon sebesar Rp82 miliar. Dia menilai hal tersebut salah perhitungan.
 
Menurut dia, kesalahan ini menjadi pintu masuk bagi Pemprov DKI untuk memperbaiki sistem e-budgeting. "Sekarang ini saat yang tepat (untuk memperbaiki)," ucap Syarif.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengakui ada keanehan dalam APBD DKI 2020. Penyebabnya, sistem tidak terverifikasi.
 
"Ini ada problem sistem yaitu sistem digital, sistemnya digital tapi tidak smart," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Anies memastikan penyusunanrancangan APBD 2020 akan mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan smart sytem. Salah satunya, masyarakat dapat dengan mudah mengakses anggaran tersebut.
 
"Bukan hanya dilihat, tapi publik bisa memberikan komentar langsung di situ. Kalau saat ini publik hanya bisa lihat, tapi tidak bisa memberikan (komentar)," ujar Anies.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif