Suasana proses normalisasi Kali Gubuk Genteng, Cilincing, Jakarta Utara. Foto: Yurike Budiman/Medcom.id
Suasana proses normalisasi Kali Gubuk Genteng, Cilincing, Jakarta Utara. Foto: Yurike Budiman/Medcom.id

Kali Gubuk Genteng Dinormalisasi

Nasional normalisasi kali
Yurike Budiman • 04 November 2019 18:53
Jakarta: Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara mulai memasang turap batu kali untuk menormalisasi Kali Gubuk Genteng, Cilincing, Jakarta Utara. Normalisasi ini dilakukan pasca penertiban bangunan di sekitar kali pada Jumat, 1 November 2019.
 
Kepala Satuan Pelaksana SDA Cilincing, Sarkam, mengatakan normalisasi akan berlangsung hingga pertengahan Desember 2019. Tujuannya, mengembalikan ukuran kali seperti semula dengan lebar enam meter.
 
"Masing-masing lokasi akan dipasang turap kali sepanjang 100 meter dengan kedalaman sekitar dua meter. Kami mengikuti eksisting turap yang telah ada sebelumnya," kata Sarkam di Kali Gubuk Genteng, Jakarta Utara, Senin, 4 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sarkam menjelaskan pada tahap awal, petugas akan membentuk fondasi batu kali. Petugas sudah mulai menggali sisi kali untuk dipasang turap batu kali. "Setelah itu dilakukan pengerukan lumpur," ujar dia.
 
Pasukan gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), petugas Sudin SDA, dan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) telah menertibkan lima bangunan yang berdiri di sekitar Kali Gubuk Genteng. Lahan kali yang sudah dangkal dan kering tersebut dimanfaatkan warga sebagai tempat tinggal.
 
Kali Gubug Genteng merupakan penghubung Kali Cakung Lama ke Cakung Drain. Genangan akan muncul di wilayah Jakarta Utara saat hujan jika kali tersebut tidak dirawat.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif