Rangkaian kereta MRT Jakarta. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.
Rangkaian kereta MRT Jakarta. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.

MRT Fase II, HI - Kota Tua 20 Menit

Nasional mrt Proyek MRT
M Sholahadhin Azhar • 19 Juni 2019 19:50
Jakarta: Direktur Utama MRT Jakarta Wiliam Syahbandar menyebut pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) tahap kedua akan berbeda dengan pelopornya. Seluruh jalur kereta berada di bawah tanah atau underground.
 
"Kalau yang fase II 100 persen bawah tanah," ujar William saat Kick Off Pelaksanaan Pengadaan Fase II MRT Jakarta Bundaran HI - Kota di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, Rabu, 19 Juni 2019.
 
William menyebut fase kedua akan dikerjakan 30 meter di bawah tanah. Kedalaman itu untuk menghindari aliran sungai di sepanjang wilayah Harmoni hingga ke wilayah Kota Tua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berdasarkan desain direncanakan bawah tanah akan lebih dalam dari fase satu, karena kita akan lewat dari bawah sungai," jelas dia.
 
Akan ada tujuh stasiun yang dibangun di fase II, yakni sepanjang Bundaran HI hingga ke Kota Tua. William menyebut stasiun MRT juga akan terintegrasi dengan Stasiun Kota.
 
Beberapa stasiun, kata dia, mendapat predikat historic dan monumental. Yakni di Monas, Kota Tua dan Harmoni. Stasiun-stasiun itu akan dibangun di rute sepanjang 8,3 kilometer.
 
"Kira-kira kalau sudah jadi (perjalanan) akan makan waktu 20 menit dari Bundaran HI ke Kota Tua," kata dia.
 
Beberapa persiapan sudah ditempuh PT MRT Jakarta, misalnya koordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Sekretariat Negara. Melalui hal ini, izin pembangunan stasiun di Monas telah dikantongi.
 
Di sisi lain, dia menyebut proses groundbreaking fase dua dimulai sejak Presiden Joko Widodo meresmikan fase pertama. Artinya, pihaknya sudah melanjutkan pembangunan fase kedua pada 24 Maret 2019.
 
"Targetnya rampung pada 2024 nanti," ujar dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif