Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno/MTVN/Whisnu Mardiansyah
Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno/MTVN/Whisnu Mardiansyah

Sandi Berkomitmen Taat Hukum soal Swastanisasi Air

Nasional swastanisasi air
LB Ciputri Hutabarat • 24 Oktober 2017 15:30
medcom.id, Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakart Sandiaga Uno akan menaati putusan Mahkamah Agung soal swastanisasi air. Pemprov DKI sedang mengkaji ulang putusan tersebut.
 
"DKI taat hukum. Apa pun keputusannya harus sesuai koridor hukum. Kita ingin menghadirkan akses air bersih," tegas Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa, 24 Oktober 2017.
 
Sandi mengatakan, selama ini ketersediaan air bersih belum cukup merata di seluruh wilayah DKI. Warga yang paling banyak berteriak adalah Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka mengeluh harga air yang mereka beli sangat tinggi. Ini jadi PR kita pascaputusan MA," terang Sandi.
 
Sandi akan menunggu presentasi Direktur Utama PAM Jaya Erlan Hidayat terkait dampak putusan MA kepada DKI. Setelahnya, DKI akan mengkaji kemungkinan swakelola air atau pemberian kepada pihak ketiga.
 
"Kita tunggu masukan dan kajian temen-temen PAM Jaya. Gubernur (Anies Baswedan( baru lihat putusannya seperti apa. Struktur dan konsepsi lebih jauh karena menyangkut banyak pihak," ucap dia.
 
MA memerintahkan penghentian kebijakan swastanisasi air minum di Provinsi DKI. MA juga memutuskan mengembalikan pengelolaan air minum di Provinsi DKI Jakarta sesuai Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 1992 dan peraturan perundang-undangan lainnya.
 
Selain itu, pelaksanaan pengelolaan air minum di Provinsi DKI Jakarta harus sesuai prinsip dan nilai-nilai hak asasi atas air sebagaimana tertuang dalam Pasal 11 dan 12 Kovenan Internasional Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya sebagaimana telah diratifikasi melalui Undang-undang Nomor 11 Tahun 2005 juncto Komentar Umum Nomor 15 Tahun 2002 Hak Atas Air Komite Persatuan Bangsa-Bangsa Untuk Hak-Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif