Presiden Joko Widodo bersama sejumlah jajarannya di depan Masjid Raya Jakarta, Sabtu 15 April 2017. Foto: Metrotvnews.com/Damar
Presiden Joko Widodo bersama sejumlah jajarannya di depan Masjid Raya Jakarta, Sabtu 15 April 2017. Foto: Metrotvnews.com/Damar

Presiden Ingin Ada Masjid Raya di Setiap Wilayah DKI

Nasional masjid raya jakarta
Arga sumantri • 15 April 2017 16:49
medcom.id, Jakarta: Presiden Joko Widodo mendukung penuh rencana Pemprov DKI yang bakal membangun masjid Raya di seluruh wilayah Jakarta. Menurut Jokowi, keberadaan masjid raya penting sebagai wadah kegiatan keagamaan warga Ibu Kota.
 
"Tidak hanya ekonomi terus yang kita urus, tapi juga hal berkaitan dengna keagamaan. Ruang kegiatan keagamaan di Jakarta ini harus diseimbangkan," kata Jokowi usai meresmikan Masjid K.H. Hasyim Asy'ari di Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu 15 April 2017.
 
Jokowi berharap wilayah Ibu Kota yang belum ada masjid Raya segera dibangun. Misalnya, di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. "Jakarta Utara kan sudah ada Islamic Centre," ujar Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masjid K.H. Hasyim Asy'ari jadi masjid raya perdana yang dikelola Pemprov. Ide membangun masjid tercetus pada momen Idul Adha 2012. Kala itu, Jokowi yang masih menjabat gubernur DKI menilai Jakarta tidak punya masjid raya yang dikelola Pemprov.
 
Proses pembangunan masjid diteruskan oleh Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama pada 20 Juni 2013. Saat itu, Ahok masih menjabat wakil gubernur DKI. Peresmiannya berbarengan dengan proyek Rumah Susun Pekasih yang lokasinya tidak jauh dari Masjid Raya.
 
Duit Rp170 miliar kemudian digelontorkan untuk membangun masjid. Pada Maret 2017, pembangunan masjid rampung.
 
Masjid Raya dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektare dengan luas bangunan 16.985,43 meter persegi. Masjid itu memiliki dua lantai dan satu mezzanine dengan daya tampung diperkirakan mencapai 12.500 jemaah.
 
Hari ini, Jokowi meresmikan langsung masjid raya dengan Plt Gubernur DKI Sumarsono dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
 

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif