Ilustrasi.  Karang ratusan tahun yang patah akibat kandasnya Kapal MV Caledonian Sky berbendera Bahama di perairan Raja Ampat. Foto/Antara-dokumen Pemkab Raja Ampat
Ilustrasi. Karang ratusan tahun yang patah akibat kandasnya Kapal MV Caledonian Sky berbendera Bahama di perairan Raja Ampat. Foto/Antara-dokumen Pemkab Raja Ampat

Terumbu Karang di Pulau Pari Rusak Ditabrak Kapal

Nasional terumbu karang
M Sholahadhin Azhar • 07 Mei 2018 20:21
Jakarta: Kapal Gandha Nusantara dari Banjarmasin diduga merusak terumbu karang yang berada di sekitar Pulai Pari, Kepulauan Seribu. Hal tersebut diketahui setelah kapal berlayar di sekitar Pulau Pari dan tersangkut di terumbu karang pada Sabtu, 5 Mei 2018 kemarin.
 
"Jadi hingga pada hari ini kapal tersebut masih kandas dan telah mengkibatkan kerusakan pada terumbu karang hidup yang diperkirakan seluas 370 meter persegi disekitarnya," kata Anggota Daerah Perlindungan Laut Berbasis Masyarakat (DPL -BM) Pulau Pari, Hasyim saat dikonfirmasi, Senin, 7 Mei 2018.
 
Kapal berkapasitas 15 Gross Tonnage (GT) tersebut melintas pada Sabtu, pukul 19.15 WIB. Adapun pada Minggu, 6 Mei 2018, masyarakat dan DPL-BM meninjau lokasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Diketahui lokasi kerusakan berada pada titik koordinat; lintang -5.8521364 dan bujur 106.6371015 di sisi timur pulau," kata Hasyim.
 
Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno merespons kabar tersebut. Menurutnya masih belum ada laporan rinci terkait hal ini. Pun demikian, ia akan mengambil tindakan tegas.
 
Menurut dia, kerusakan terumbu karang di Kepulauan Seribu tidak bisa ditolerir. Sebab, kekayaan alam itu tengah dikembangkan Pemprov DKI dan merupakan aset berharga. Mengingat pertumbuhan karang memakan waktu sangat lama.
 
"Harus ada sanksi dan itu harus sesuai dengan ketentuan kita akan tegas saja. Saya capek-capek berenang 1 kilo hari Sabtu sama bu Susi (Menteri Kelautan Perikanan Susi Pudjiastuti) 1 kilo lagi hari Minggunya untuk mempromosikan terumbu karang" kata Sandiaga.
 

(DMR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif