Pengunjung berfoto di area RPTRA Kalijodo, Jakarta. (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Pengunjung berfoto di area RPTRA Kalijodo, Jakarta. (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Penghentian Pembangunan RPTRA Disebut Bukan Karena Ketiadaan Lahan

Nasional ruang terbuka hijau rptra
07 Maret 2018 10:30
Jakarta: Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) DKI Jakarta memunculkan wacana penghentian pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dengan alasan sulitnya mencari lahan.
 
Meskipun baru akan digulirkan pada 2019 mendatang, faktanya rencana ini mendapat banyak penolakan. Salah satunya dari Ketua fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus.
 
"Saya kira ini statemen terburu-buru, komisi nanti akan bertanya alasan mengapa RPTRA, program yang cukup baik dan bagus justru dihentikan," kata Bestari dalam Metro Pagi Primetime, Rabu 7 Maret 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bestari mengatakan alasan Pemprov DKI kesulitan mencari lahan hanyalah klaim sepihak. Ia meyakini gubernur dan wakil gubernur DKI tidak akan menyetujui rencana tersebut.
 
Menurut dia, Dinas PRKP seharusnya memperbanyak jumlah RPTRA yang saat ini baru ada sekitar 290an, bukan malah menghentikannya.
 
"Ketiadaan lahan ini belum benar-benar tidak ada, hanya belum dicari saja. Ini kan harus ditanya sejauh mana kinerja dinas mengadakan lahannya," ungkap Bestari.
 
Sebelumnya,Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Rakyat DKI Jakarta Agustino Darmawan mengatakan tidak akan menganggarkan RPTRA untuk 2019. Namun, tak menutup kemungkinan bila ada pihak swasta yang ingin membangun RPTRA.
 
Ia menilai pembangunan RPTRA sudah cukup. Hingga saat ini sudah sekitar 290 RPTRA yang dibangun.
 
RPTRA merupakan konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai arena permainan. Program ini mulai bergulir pada masa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama.
 

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif