Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Saefullah menjawab pertanyaan wartawan seusai diperiksa sebagai saksi di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/4/2016). Foto: MI/Rommy Pujianto
Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta Saefullah menjawab pertanyaan wartawan seusai diperiksa sebagai saksi di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/4/2016). Foto: MI/Rommy Pujianto

Awal 2019 DKI Larang Penggunaan Kantong Plastik

Nasional Larangan Sampah Plastik
Cindy • 26 Desember 2018 13:36
Jakarta: Pencemaran lingkungan akibat limbah plastik di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan sekali. Indonesia saat ini menempati nomor urut kedua sebagai pencemar lingkungan akibat limbah plastik.
 
Karena itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah berupaya mengurangi penggunaan kantong plastik. Salah satunya dengan membuat kebijakan larangan penggunaan kantong plastik melalui Peraturan Gubernur (Pergub).
 
Menurut Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah, pihaknya akan segera mengesahkan larangan penggunaan kantong plastik di Jakarta sekitar awal 2019 nanti. "Segera, nanti awal 2019," ujar Saefullah, di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kata Saeful, Pemprov DKI akan menerima saran dari masyarakat maupun ahli tentang sampah plastik di Ibu Kota. Dia juga meminta masyarakat menerapkan larangan penggunaan kantong plastik bila Pergub sudah resmi disahkan.
 
"Jika kita sudah sahkan Pergub, yang paling penting itu penegakannya. Bukan sekadar Pergub saja, tapi bagaimana implementasinya di tengah masyarakat," tuturnya.
 
Larangan kantong plastik itu bertujuan meminimalisir sampah di Ibu Kota serta dampak negatifnya pada kesehatan masyarakat.
 
"Itu (plastik) tidak mudah terurai di tanah, berpotensi memberikan dampak kesehatan manusia karena mengandung karsinogen ya untuk kanker," ucap Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 27 November 2018.
 

 

(MBM)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi