Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Foto: MI/Pius Erlangga.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Foto: MI/Pius Erlangga.

Kepala Daerah Diminta Pertimbangkan Asas Manfaat Sebelum Lawatan

Nasional dki jakarta gubernur dki kunjungan kerja
Antara • 25 Juli 2019 13:01
Padang: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengingatkan kepala daerah agar mengkaji manfaat dari kunjungan kerja ke luar negeri sebelum mengajukan izin. Ia tak ingin hasil dari lawatan sia-sia.
 
"Kaji dulu. Kalau dirasa sangat bermanfaat, tidak ada masalah," kata Tjahjo, melansir Antara, Kamis, 25 Juli 2019.
 
Menurutnya semua izin yang diajukan kepala daerah pasti ditelaah untuk melihat seberapa besar manfaatnya bagi daerah yang bersangkutan. Lawatan untuk kemajuan daerah seperti sister city terlebih mencari investasi akan diberikan izin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau tujuannya hanya melihat pameran apalagi jalan-jalan, sebaiknya gunakan teknologi informasi yang ada saja tidak perlu ke luar negeri," ungkapnya.
 
Baca juga:Mendagri Tak Mempersoalkan Kunker Anies ke Luar Negeri
 
Ia menambahkan pihaknya tak segan memberikan peringatan kepada kepala daerah yang sering lawatan tanpa manfaat. Namun, Tjahjo tak memerinci siapa saja yang dimaksud.
 
Sementara itu, salah satu kepala daerah yang disebut kerap melakukan kunjungan ke luar negeri adalah Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Terakhir ia mengunjungi Azerbaijan untuk menghadiri sidang ke-43 Komite Warisan Dunia The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).
 
Irwan Prayitno datang untuk menghadiri penetapan bekas tambang batu bara Ombilin sebagai warisan budaya dunia. Kunjungan lain sebagian besar untuk 'menjual' peluang investasi di Sumatera Barat.
 
Kepala daerah lain yang juga tercatat sering lawatan adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies terhitung sudah tujuh kali melakukan kunjungan kerja luar negeri sepanjang 2019.
 
Terakhir, Anies mengunjungi Kolombia sebagai pembicara World Cities Summit. Ia kemudian memperpanjang durasi kunjungan luar negeri selama dua hari guna mampir ke Amerika Serikat.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif