Polisi menyita sejumlah bahan mentah miras jenis ciu. Foto: Medcom.id/Deny Irwanto.
Polisi menyita sejumlah bahan mentah miras jenis ciu. Foto: Medcom.id/Deny Irwanto.

Polisi Sita 3 Ton Bahan Pembuat Miras

Nasional miras oplosan
Deny Irwanto • 03 Mei 2018 13:02
Jakarta: Penyidik Industri dan Perdagangan (Indag) Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro menggerebek rumah yang dijadikan pabrik produksi minuman keras jenis ciu. Rumah tersebut berada di Jalan Pekojan 1 Nomor 88, Tambora, Jakarta Barat.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan telah menyita bahan untuk membuat minuman keras.
 
"Barang bukti yang kami amankan dalam pabrik ini totalnya ada 7 ton. Sebanyak 2 Ton minuman ciu siap edar dikemas dalam 133 kardus berisi 3.325 botol, 3 ton bahan mentah, serta 2 ton bahan baku minuman ciu setengah proses atau setengah jadi," kata Argo di lokasi, Rabu, 3 Mei 2018.
 
Argo menjelaskan penyidik telah mengintai lokasi tersebut sejak beberapa hari lalu. Menurutnya, penyidik harus memastikan rumah tersebut dijadikan tempat produksi miras.

Baca: Polisi Tangkap Peracik Ciu Oplosan

Menurut Argo, pihaknya menangkap lima orang dari lokasi, di antaranya seorang pemilik berinisial PRW, 58, dan empat pekerjanya.
 
"Rumah ini disewa sejak 2014. Masyarakat sekitar tidak ada yang curiga kalau dijadikan tempat pembuatan ciu," jelas Argo.
 
Atas tindakannya pelaku akan dijerat dengan UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan khususnya Pasal 140 jo Pasal 86 ayat (2), Pasal 142 jo Pasal 91 ayat (1) dan Pasal 198 jo Pasal 108 dengan ancaman hukuman maksimal dua tahun penjara dan denda Rp4 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi