Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Cindy
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Cindy

Strategi DKI Temukan Kasus Positif Covid-19

Nasional dki jakarta Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 30 Juni 2020 05:05
Jakarta: Gurbernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui mendeteksi pasien terinfeksi covid-19 di Ibu Kota sulat di masa awal pandemi. Namun, kini sudah terkendali dan makin gencar melakukan active case finding.
 
Hasilnya, orang tanpa gejala (OTG) semakin cepat ditemukan. "Jadi kami bersyukur bisa menemukannya lebih dulu daripada setelah timbul bergejala sehingga tidak perlu menularkannya kepada orang lain," ujar dia dalam video penerimaan donasi dari Pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan, Senin, 29 Juni 2020.
 
Sebelumnya, warga datang ke fasilitas kesehatan untuk tes covid-19. Kini Pemprov DKI yang jemput bola.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi sekarang berbalik, kita yang mendatangi mereka, ke pasar, ke komunitas (RW), dan kita mencari mereka yang terpapar namun tidak bergejala," terang dia.
 
Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengungkapkan tantangan terbesar saat penanganan pageblik ialah menjaga opini publik. Data harian yang terus bertambah membuat publik merasa Jakarta terdampak parah. Padahal, warga Jakarta tak tahu seberapa besar wabah itu terjadi.
 
Pada kesempatan tersebut Anies juga menegaskan bahwa positivity rate Jakarta dua pekan terakhir berada di kisaran 5 persen. Hal ini sesuai dengan target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu di bawah 10 persen.
 
"Bahkan kemarin kita mencapai angka 3,4 persen persen. Jadi positivity rate sekarang rendah, tapi kasus yang ditemukan tinggi," tutup dia.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: www.medcom.id/corona
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif