Peluncuran program Madrasah Digital DKI Jakarta Tahun 2022. Istimewa.
Peluncuran program Madrasah Digital DKI Jakarta Tahun 2022. Istimewa.

Madrasah DKI Siap Percepat Digitalisasi Jelang Jakarta Madrasah Digital Awards 2022

Juven Martua Sitompul • 23 Maret 2022 12:02
Jakarta: Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Infradigital menyelenggarakan program Jakarta Madrasah Digital Awards yang dimulai pada 2022. Program ini bertujuan memenuhi percepatan dan pemerataan digitalisasi madrasah di wilayah DKI Jakarta.
 
Program ini bahkan telah diresmikan melalui perjanjian kerja sama yang bertepatan dengan Rapat Kerja Kemenag Tahun 2022 dan Rakor Kemenag Bidang Pendidikan Madrasah di Kemayoran pada 21 Maret 2022.
 
"Saya sangat bangga dan senang dengan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta yang hari ini juga melaksanakan MoU untuk program transformasi digital," kata Dirjen Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, pada peluncuran program Madrasah Digital DKI Jakarta Tahun 2022, Rabu 23 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar, meminta DKI Jakarta menjadi awal, barometer, sekaligus server transformasi digital melalui madrasah. Sebab seluruh madrasah di DKI Jakarta pada tingkatan MA, MI, MTs sudah melek digital.
 
"Kami menyambut baik kerja sama dengan Infradigital dan program ini, karena ini juga merupakan salah satu program prioritas Menteri Agama (Yaqut Cholil Qoumas) yang justru kita berada di tengah era industri, mau tidak mau dunia digitalisasi akan terus kita geluti karena prinsipnya digitalisasi untuk memudahkan," kata Cecep.
 
Infradigital membantu percepatan digitalisasi pada ribuan madrasah di Indonesia. Ian McKenna selaku CEO Infradigital menjelaskan program ini akan menunjang pemerataan digitalisasi yang disertai dengan pelatihan dan pendampingan sehingga mempermudah seluruh madrasah untuk Go-Digital.
 
"Kami di Jaringan IDN bangga sekali bisa ikut partisipasi dengan program dan visi Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta ini dan berkomitmen untuk menjadi partner pelatihan dan pendampingan digitalisasi madrasah di tahun 2022 dan 2023," kata Ian.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Nur Pawaidudin, mengatakan pandemi menjadi berkah untuk percepatan digitalisasi. Dia menargetkan 95 persen madrasah di DKI Jakarta, khususnya swasta dapat digitalisasi dan dapat menerapkan blended learning.
 
Baca: Menkominfo Optimistis Pemuda NTT Jadi Garda Terdepan Pembangunan
 
Dia menilai digitalisasi dapat menjadi alat pendukung meningkatkan kualitas pendidikan yang dibarengi dengan ber-akhlakul karimah. Dia mengajak madrasah di wilayah lainnya untuk melek digitalisasi.
 
"Kepada rekan Kemenag Kabupaten/Kota, Kasi Pendma Kabupaten/Kota, Kepala Madrasah Negeri dan Swasta. Ayo dukung program GusMen, program Kemenag tentang transformasi digital. Infradigital hadir untuk mendukung program GusMen itu, untuk itu ayo bersama-sama kawal madrasah dengan digitalisasi," ucap Pawaidudin.
 
Program Jakarta Madrasah Digital Awards terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan yang wajib diikuti tiap jenjang, yaitu MA, MI, MTs, dan RA. Rangkaian kegiatannya dimulai dari webinar sosialisasi program secara daring, pelatihan dan pendampingan berkelanjutan secara luring, kampanye madrasah digital, survei digitalisasi madrasah untuk memetakan kondisi digitalisasi madrasah di kota/kabupaten, visitasi penilaian madrasah, hingga acara puncak penghargaan Jakarta Madrasah Awards Tahun 2022.
 
Pada acara puncak, terdapat kategori penghargaan terbaik yang akan diumumkan. Kategori tersebut antara lain kantor Kemenag kota/kabupaten terbaik, operator madrasah digital terbaik, tata usaha/ keuangan terbaik tiap jenjang, madrasah favorit tiap kota/kabupaten, dan madrasah digital terbaik tiap jenjang.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif