Ilustrasi. Tempat tidur pasien covid-19 di RSUD Kartini. Medcom.id/Rhobi Shani.
Ilustrasi. Tempat tidur pasien covid-19 di RSUD Kartini. Medcom.id/Rhobi Shani.

BOR RS Rujukan Covid-19 di DKI Naik, Masyarakat Diminta Taati Prokes

Putri Anisa Yuliani • 27 Januari 2022 14:12
Jakarta: Keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit (RS) rujukan covid-19 di DKI Jakarta makin meningkat. Per Rabu, 26 Januari, BOR isolasi covid-19 di DKI mencapai 45 persen atau 1.756 tempat tidur isolasi telah terisi dari total yang ketersediaan 3.922 tempat tidur.
 
Kemudian, BOR ICU covid-19 terisi 14 persen atau 86 tempat tidur ICU telah terisi. Total ketersediaan tempat tidur ICU sebanyak 611 unit.
 
"Mulai naik, di tempat rawat isolasi juga mulai naik," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia saat dihubungi, Kamis, 27 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengimbau masyarakat selalu menaati protokol kesehatan. Menurut dia, penularan covid-19 kembali meningkat usai libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, ditambah adanya varian baru Omicron.
 
"Karena pada saat kita tetap berinteraksi asalkan prokes itu benar-benar baik, ventilasi udara di lingkungan kita baik, maka risiko itu bisa kita manage. Itu yang kemudian penting sekali untuk kita upayakan," tegasnya.
 
Baca: BOR Mulai Naik, Pasien Covid-19 Bergejala Ringan Diminta Isoman di Rumah
 
Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat BOR covid-19 di DKI Jakarta per Rabu, 26 Januari 2022. BOR covid-19 merupakan persentase tempat tidur yang terisi dari penggunaan tempat tidur covid-19 dibagi dengan seluruh tempat tidur covid-19 pada layanan rawat inap.
 
“BOR covid-19 di Jakarta Barat 50 persen,” tulis data Kemenkes seperti dikutip pada Kamis, 27 Januari 2022.
 
BOR covid-19 di Jakarta Pusat mencapai 44 persen. Kemudian, BOR di Jakarta Selatan sebanyak 40 persen.
 
Kemenkes juga mencatat BOR di Jakarta Utara sebesar 39 persen dan Jakarta Timur sebanyak 17 persen. Sedangkan BOR di Kepulauan Seribu nihil atau nol persen.
 
Dalam laporan Kemenkes, BOR di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan ditandai warna kuning. Warna tersebut perlu menjadi kewaspadaan bersama akibat lonjakan kasus covid-19 yang terjadi beberapa hari ini.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif