NEWSTICKER
Ilustrasi. FOTO: MI/PIUS ERLANGGA
Ilustrasi. FOTO: MI/PIUS ERLANGGA

Pembangunan LRT Fase 2 Terancam Batal

Nasional proyek lrt
Sri Yanti Nainggolan • 03 Februari 2020 22:07
Jakarta: Anggota DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak menyayangkan rencana pembatalan proyek Light Rail Transit (LRT) fase 2 oleh pemerintah pusat. Proyek tersebut dinilai berbenturan dengan proyek MRT koridor serupa.
 
LRT fase 2 dengan rute Pulogadung-Kebayoran Lama dianggap berbenturan dengan proyek MRT pemerintah pusat dengan rute Cikarang-Ujung Menteng-Kalideres-Balaraja.
 
"LRT Fase 2A Pulogadung-Kebayoran Lama tidak sesuai dengan RDTR (Rencana Detail Tata Ruang)," ujar Gilbert saat ditemui di Gedung DPRD DKI, Senin, 3 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembangunan LRT jalur tersebut belum tercantum dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ) dan belum terakomodasi secara detail dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi DKI Jakarta 2030. Ditambah, tidak ada nomenklatur rencana pembangunan LRT dalam peta rencana struktur ruang.
 
"Artinya ini hanya dimainkan begitu saja tanpa pemikiran. Ini pengajuan yang asal-asalan tanpa perencanaan matang dan kajian aturan yang ada," Gilbert menanggapi.
 
Surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pembatalan pembangunan menyebutkan tak ada nomenklatur. Surat tersebut wajib dilaksanakan Pemprov.
 
"Wajib (pembatalan) karena dia menyangkut daerah yang luas. Lalu MRT kan pengerjaannya oleh pusat," imbuh dia.
 
Gilbert menjelaskan bahwa Pemprov sudah menerima surat pembatalan itu lewat Wakil Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Namun, ia mengaku belum menerima surat tersebut meski tahu pokok permasalahan. Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum memberi arahan terkait masalah pembatalan tersebut.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif