NEWSTICKER
Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau rumah potong hewan Cakung, Jakarta Timur, Rabu, (22/08/2018). Foto: Muhammad Al Hasan.
Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau rumah potong hewan Cakung, Jakarta Timur, Rabu, (22/08/2018). Foto: Muhammad Al Hasan.

Puluhan Hewan Kurban Dekat Venue Disembelih di RPH

Nasional asian games 2018 Iduladha 2018
Muhammad Al Hasan • 23 Agustus 2018 01:20
Jakarta: Puluhan hewan kurban di masjid dekat venue Asian Games dititipkan ke sejumlah rumah pemotohan hewan (RPH) di Jakarta. Hal itu sebagai bentuk tindaklanjut instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang melarang warga dekat venue Asian Games menyembelih hewan kurban.
 
Direktur Utama PD Dharma Jaya Johan Romadhon memerinci, pada hari raya Iduladha kali ini, pihaknya menyembelih total 170 hewan untuk keperluan kurban. Sebanyak 29 di antaranya merupakan hewan kurban kiriman masjid sekitar venue Asian Games kawasan Pulomas, Jakarta Timur.
 
"29 itu, 20 di sini (RPH Dharma Jaya Cakung), sembilan di RPH Pulogadung yang punya Dharmajaya juga," kata Johan di Rumah Potong Hewan Dharma Jaya, Cakung, Jakarta Timur, Rabu, 22 Agustus 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Johan mengatakan, biaya pemotongan hewan titipan ini sejatinya dikenai biaya Rp1,5 juta. Namun, khusus hewan kurban titipan warga sekitar equestrian ini dipastikan gratis. Semua biaya ditanggung Pemprov DKI. "Kalau tadi dari masjid-masjid gratis. Sebetulnya bayar tapi dibayar oleh Pemprov," ujarnya.
 
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi sikap warga yang patuh terhadap instruksi gubernur. Anies memastikan kawasan dekat venue Asian Games steril dari penyembelihan hewan kurban.
 
"Alhamdulillah sudah (steril) saya ingin sampaikan terimakasih apresiasi kepada seluruh warga di sekitar equestrian yang memahami betapa pentingnya ini. Dan mereka tahu memang ini hanya sekali seperti ini," kata Anies.
 
Anies berharap nantinya masyarakat bisa lebih memanfaatkan RPH yang ada. Selain lebih efektif dan efisien, kata Anies, pemanfaatan RPH juga bisa membuat keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lebih optimal.
 
"Kita tahu memotong sapi itu kan tidak sederhana, ukurannya besar, berat, akan jauh lebih efisien apabila ingin memanfaatkan ini nanti tinggal diambil dagingnya sudah dipotong kecil-kecil lalu dimanfaatkan untuk destribusi. Mudah-mudahan tahun depan masyarakat lebih banyak lagi memanfaatkan tempat ini," ucap Anies.
 
Anies menerbitkan Instruksi Gubernur Nomor 123 Tahun 2017 soal pengendalian pemotongan dan penampungan hewan kurban. Lewat aturan ini, warga dilarang memotong hewan kurban dengan jarak satu kilometer dari Venue Equestrian, Pulomas, Jakarta Timur.
 
Hal ini didasari ketentuan EDFZ (Equine Disease Free Zone) dalam pelaksanaan Asian Games. EDFZ adalah syarat mutlak bagi penyelenggara perlombaan berkuda. Syarat ini diteken oleh Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE).
 
Sebanyak 35 masjid dalam radius satu kilometer dari Venue Equestrian telah mendapat instruksi terkait pelarangan pemotongan hewan kurban. Masjid itu tersebar di enam kelurahan, diantaranya Kayu Putih, Rawamangun, Pulogadung, Jati, Kelapa Gading Barat, dan Kelapa Gading Timur.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif