Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Bioskop Dibuka, Penonton Wajib Scan QR Code

Nasional DKI Jakarta covid-19 bioskop mall protokol kesehatan PeduliLindungi
Aria Triyudha • 16 September 2021 06:42
Jakarta: Pemberlakukan protokol kesehatan (prokes) ketat diterapkan pengelola mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan (Jaksel), kepada pengunjung  yang akan menonton film di bioskop. Langkah itu diterapkan menyambut dibukanya kembali bioskop mulai hari ini, 16 September 2021.
 
"Pertama, kami terapkan Quick Response (QR) Code saat masuk bioskop. Pengunjung yang masuk melakukan scan QR Code melalui (aplikasi) PeduliLindungi," kata Senior Promotion Manager Mal Kota Kasablanka (Kokas) Agung Gunawan kepada wartawan, Rabu, 15 September 2021.
 
Dia menjelaskan, penerapan scan QR Code bagi pengunjung mal yang memasuki bioskop tersebut bagian dari penerapan prokes mencegah penyebaran covid-19. Ada empat indikator warna usai barcode di-scan, yakni hijau, kuning, merah, hitam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ini Daftar Nama Bioskop di Jawa-Bali yang Kembali Beroperasi
 
Pengunjung diperbolehkan masuk yang memperoleh indikator warna hijau yang menandakan sudah dua kali vaksinasi covid-19. "Baik dosis pertama maupun kedua," ujar Agung.
 
Selanjutnya, prokes tambahan kedua yaitu penerapan jarak antarbangku. Kemudian, kapasitas bioskop 50 persen dan pengunjung tidak diizinkan membawa makanan dan minuman. Syarat lainnya yakni mengikuti aturan masuk mal.
 
"Pengunjungnya berusia 12 ke bawah tahun belum bisa masuk bioskop seperti halnya (aturan) masuk mal," ungkap Agung.
 
Ia mengapresiasi keputusan pemerintah membolehkan bioskop kembali beroperasi. Pasalnya, pembukaan bioskop diyakini meningkatkan jumlah pengunjung mal Kokas.
 
Sejauh ini, jumlah pengunjung mal masih dibatasi yaitu 50 persen dari kapasitas 100 ribu orang yang diperbolehkan pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyatakat (PPKM). "Sekarang traffic (pengunjung) ada di level 15 persen, mudah-mudahan dengan bioskop buka bisa meningkatkan ke angka 20-30 persen," ungkap Agung.
 
Film yang akan diputar yakni Black Widow, Fast and Furious 9, dan The Suicide Squad. Agung memastikan prokes ketat tidak hanya diterapkan saat memasuki bioskop, namun juga ketika pengunjung memasuki mal.
 
"Orang masuk Kokas harus menggunakan QR Code, memakai hand sanitizer, cek suhu, dan one way corridor.  Kami juga  terapkan touchless button (tombol tanpa sentuhan) untuk fasilitas-faslitas publik," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif