Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta--M. TaufikMedcom.id/M Sholahadhin Azhar
Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta--M. TaufikMedcom.id/M Sholahadhin Azhar

Gerindra-PKS Menemui Anies Bahas Nasib Cawagub

Nasional Pengganti Sandiaga Uno
Cindy • 18 Februari 2019 12:01
Jakarta: Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pertemuan tersebut membahas soal nasib calon wakil gubernur (cawagub) DKI.
 
"Kami melaporkan hasil pembahasan kami (Gerindra dan PKS) berkaitan dengan hasil fit and proper testke Pak Anies," kata Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik saat dihubungi, Senin, 18 Februari 2019.
 
Pertemuan juga membahas tentang mekanisme, aturan, dan tata tertib yang akan diterapkan untuk penentuan cawagub pengganti Sandiaga Uno. Sementara itu, dua dari tiga nama cawagub bakal menunggu surat rekomendasi DPP Gerindra dan PKS.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang hasilnya kita serahkan kepada DPP untuk menentukan dua dari tiga nama. Setelah itu, nanti kami akan bersurat ke Pak Anies," jelas M. Taufik.
 
Baca: PKS dan Gerindra Segera Bertemu Bahas Cawagub DKI
 
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, surat rekomendasi harus ditandatangani dan diketahui pimpinan partai pusat. Setelah surat rekomendasi terbit, dua nama cawagub bakal dikirimkan ke Anies.
 
Sebelumnya, tiga cawagub yang akan dibahas rekomendasinya yakni, eks Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu, Sekretaris DPW PKS DKI Agung Yulianto, dan Ketua Fraksi PKS di DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi. Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo lebih dulu mengumumkan dua calon wakil gubernur yang lolos uji kepatutan dan kelayakan. Keduanya yakni Syaikhu dan Agung.
 
Taufik menilai pengumuman itu salah kaprah. Sebab, hasil dari tim panelis mestinya dibahas lebih dulu dengan dua partai pengusung, Gerindra dan PKS.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif