Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Dok. Kemenparekraf.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Dok. Kemenparekraf.

Tempat Rekreasi di DKI Diminta Antisipasi Peningkatan Kasus Omicron

Nasional Pariwisata Virus Korona wisata jakarta covid-19 pandemi covid-19 Omicron Varian Omicron
Aria Triyudha • 26 Januari 2022 21:05
Jakarta: Peningkatan kasus covid-19 varian Omicron di DKI Jakarta perlu diantisipasi semua pihak. Tak terkecuali tempat rekreasi demi menjaga geliat ekonomi sekaligus mencegah penyebaran kasus varian tersebut.
 
"Kita harus sanggup dengan (penerapan) protokol kesehatan (prokes)," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di sela kegiatan Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel), Rabu, 26 Januari 2022.
 
Kasus Omicron di DKI Jakarta mencapai 1.697 per Selasa, 25 Januari 2022. Sebanyak 531 kasus di antaranya transmisi lokal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Sandiaga, penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat di tempat-tempat rekreasi itu sepatutnya dilakukan dengan pendekatan inovasi dan teknologi. Salah satunya, memasang aplikasi PeduliLindungi di akses pintu masuk tempat rekreasi.
 
"(Karena) yang kita pahami kebutuhannya saat ini adalah berekreasi (dengan) prokes yang ketat dan disiplin melalui aplikasi PeduliLindungi," tegas Sandiaga.
 
Sandiaga menyebut pendekatan inovasi dan teknologi itu telah dilakukan di tempat rekresi Ancol dan Taman Mini. Sandiaga menilai pengelola tempat-tempat rekreasi atau wisata secara umum semakin disiplin dalam menjalankan prokes pencegahan covid-19.
 
"Sehingga, mudah-mudahan kita bisa lalui puncak Omicron yang diperkirakan (terjadi) pertengahan Februari sampai awal Maret," ujar Sandiaga.
 
Baca: 96% Pasien Omicron Sembuh, Masyarakat Diminta Tak Anggap Remeh
 
Sementara itu, Ketua DPP Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia, Hans Manangsang mengingatkan agar pemangku kepentingan terkait di bidang pariwisata bergandengan tangan dalam upaya memajukan pariwisata di Indonesia. Tujuannya, menjadikan tempat-tempat rekreasi di Indonesia sebagai pilihan utama masyarakat dalam berwisata.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif