Suasana wihara jelang Imlek. Medcom.id/Hendrik Simorangkir
Suasana wihara jelang Imlek. Medcom.id/Hendrik Simorangkir

8 Wihara di Jakpus Dijaga Ketat

Christian • 01 Februari 2022 06:53
Jakarta: Satuan Polisi Pamong Praja menjaga ketat delapan wihara di wilayah itu pada perayaan Tahun Baru Imlek, Selasa, 1 Februari 2022. Total, ada 32 wihara di Jakarta Pusat, namun hanya delapan yang menyelenggarakan ibadah secara langsung.
 
"Sebanyak delapan wihara yang melaksanakan kegiataan, dua di antaranya di Tanah Abang. Sisanya 24 wihara itu (ibadah) lewat Zoom," kata Kepala Satpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan di kantornya, Senin, 31 Januari 2022.
 
Bernard menyebut pihaknya menerjunkan 80 petugas untuk berjaga di delapan wihara. Wihara-wihara itu tersebar di Kecamatan Sawah Besar, Tanah Abang, Senen, Gambir, dan Johar Baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Petugas juga akan berkeliling untuk memastikan tidak ada pertunjukan Barongsai atau Liong Naga di sekitar wihara. Hal itu untuk mencegah kerumunan dan potensi penyebaran virus korona.
 
"Arak-arakan seperti Barongsai tentu tidak diperkenankan. Wagub (Wagub DKI Ahmad Riza Patria) juga sudah menegaskan itu karena nanti akan menimbulkan kerumunan, apalagi saat ini varian Omicron meningkat," kata Bernard.
 
Petugas juga akan memastikan tidak ada pengemis atau PMKS yang biasanya muncul di depan wihara. Petugas Sudin Sosial Jakarta Pusat bakal langsung menertibkan mereka yang tetap bertahan di depan wihara.
 
"Tetap nekat ada PMKS nanti akan ditertibkan oleh Sudinsos Jakarta Pusat," tegas dia.
 
Baca: Kelenteng Boen Tek Bio Pastikan Prokes Selama Imlek
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif