Masjid Raya Jakarta. Foto: MI/M. Irfan
Masjid Raya Jakarta. Foto: MI/M. Irfan

Ada 27 Kandidat Nama untuk Masjid Raya Jakarta

Nasional masjid raya jakarta
Damar Iradat • 15 April 2017 11:43
medcom.id, Jakarta: Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menjelaskan kenapa nama tokoh Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Hasyim Asy'ari dipakai menjadi nama Masjid Raya Jakarta. Menurutnya, pemberian nama itu sudah melalui proses pertimbangan yang panjang.
 
"K.H. Hasyim Asyari ini kan pendiri NU, pahlawan nasional," kata Sumarsono di Masjid Raya DKI Jakarta, Daan Mogot, Jakarta Barat, Sabtu 15 April 2017.
 
Menurutnya, sebelum memilih nama K.H. Hasyim Asy'ari, jajaran Pemerintah Provinsi DKI mengantongi 27 nama tokoh. Dari 27 nama itu, Pemprov sepakat menggunakan nama K.H. Hasyim Asy'ari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelum resmi memakai nama itu, Pemprov meminta izin kepada keluarga K.H. Hasyim Asy'ari. Pihak keluarga menyambut baik."Mereka dari Jombang juga ke sini dan berterima kasih kepada Pemprov DKI," kata dia.
 
Dalam kesempatan itu, Sumarsono mengatakan, penamaan tokoh nasional untuk sebuah masjid bisa membudayakan tokoh agama dan pahlawan nasional Indonesia. Selain itu, hal ini juga dinilai dapat membangkitkan rasa nasionalisme.
 
Ia melanjutkan, nantinya bisa saja masjid-masjid lain dinamai dengan nama tokoh nasioanl. Yang penting, kata dia, tokoh yang namanya akan dipakai untuk sebuah masjid merupakan sosok yang patut dihargai dan dihormati.
 
Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu juga menjelaskan, tak menutup mungkin setiap wilayah di Jakarta memiliki masjid raya. Saat ini, baru ada tiga masjid raya di Ibu Kota, yakni Islamic Center di Jakarta Utara, Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat, dan Masjid K.H. Hasyim Asy'ari di Jakarta Barat.
 
"Insyaallah, niat Pemprov setiap wilayah punya kebanggaan satu masjid raya seperti ini. Dan saya kira yang belum itu (Jakarta) Timur dan Selatan. Makin banyak masjid kan juga makin bagus," ujarnya.
 

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif