HET Daging Ayam di Jakarta Rp33.000/Kg
Ilustrasi. MI/Benny Asitandy.
Jakarta: Menjelang Idulfitri 1439 H, harga daging ayam sempat melonjak hingga Rp40.000. Namun, harga berangsur turun setelah Kementerian Perdagangan memutuskan harga eceran tertinggi (HET) daging ayam menjadi Rp33.000 per kilogram.

Harga tersebut ditetapkan untuk Jakarta dan Jawa Barat. Dirut Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan telah menyosialisasikan harga tersebut ke pasaran.

"Di pasar itu sampai ada Rp38.000 per kilogram. Itu harus dicek, itu satu kilogram atau kilogram lebih. Karena satu kilogram Rp33.000," kata Arief di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat, 1 Juni 2018.


Arief menjelaskan, kenaikan harga terjadi karena stok terlambat masuk. Distribusi daging ayam pun menjadi terhambat.

"Informasi terakhir barang ada tapi stok terlambat. Memang karena ada fungsi yang dikembangkan untuk memperlambat perkembangan ayamnya agar lebih sehat. Tetapi mungkin implementasinya perlu dikaji kembali," ungkapnya.

Arief menegaskan, melonjaknya harga daging ayam sama sekali tak dipengaruhi kenaikan nilai tukar dolar Amerika Serikat. Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan semua stok kebutuhan pokok aman.

"Alhamdulillah informasi tentang ketersediaan dari bahan pokok itu sekarang ter-update secara rutin sehingga kita mengetahui persis suplai yang ada sehingga harga lebih aman," pungkas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.




(DRI)