Anies: Tingkatkan Interaksi untuk Cegah Perundungan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau semua pihak meningkatkan interaksi. Hal itu penting karena interaksi dan sosialiasi dapat mencegah perundugan di masyarakat, khususnya di sekolah.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan solusi. Ia meminta guru, murid, dan orangtua meningkatkan interaksi.
 
"Ingat kasus di Bali seorang anak yang meninggal karena kekerasan? Jika saja kita interaksi dengan baik (tidak akan terjadi hal tersebut). Kalau di rumah ada masalah sekolah bisa tahu. Sebaliknya, jika sekolah ada masalah, orangtua cepat tahu," kata Anies di SDN Kampung Melayu 01, Jatinegara, Jakarta Timur, 16 Juli 2018.
 
Namun, Mantan Menteri Pendidikan ini enggan bicara banyak soal itu. Menurutnya, perundungan hanya bagian kecil dari masalah di sekolah.
 
"Ada kekerasan, pornografi, narkotika, hingga masalah ideologi. Bullying itu cuma seper sekian dari banyak masalah. Makanya saya enggak mau ikut-ikut tuh. Masalah itu ada banyak," ungkapnya.

Baca: Anies Wajibkan PNS Antar Anak Sekolah

Ia menegaskan, rumus untuk menyelesaikan seluruh masalah adalah komunikasi. "Cara mencegahnya adalah saling komunikasi antara orangtua dan guru. begitu orangtua mendengar anaknya mengalami masalah dan orangtua cepat bisa lapor ke guru, guru pun bisa cepat melakukan tindakan," pungkas dia.
 
Pagi ini, Anies memantau hari pertama siswa masuk sekolah di SDN Kampung Melayu 01 Jatinegara. Kedatangan Anies disambut meriah siswa yang mengenakan pakaian merah putih.
 
Mereka juga sempat menyanyikan lagu khas Betawi 'Sirih Kuning'. Setelah itu, Mantan Rektor Universitas Paramadina ini turut membagikan sarapan berupa susu dan bubur kacang hijau kepada anak-anak.






(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id