Groundbreaking museum sejarah nabi/Medcom.id/Yurike Budiman
Groundbreaking museum sejarah nabi/Medcom.id/Yurike Budiman

Museum Internasional Nabi Muhammad Diharapkan Sedot Wisatawan

Nasional dki jakarta museum
Yurike Budiman • 26 Februari 2020 21:46
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri peletakan batu pertama Museum Internasional Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam di Pantai Ancol Timur. Anies berharap nantinya museum ini menambah jumlah wisatawan.
 
"Kita berharap bahwa museum ini nantinya menjadi tempat untuk mendekatkan kepada sifat-sifat Rasulullah; Sidiq, Fathonah, Amanah, Tabliq, itu semua kita harap nantinya muncul dari tempat ini," kata Anies saat sambutan, Rabu, 26 Februari 2020.
 
Baca:Groundbreaking Museum Internasional Sejarah Nabi di Ancol

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wisatawan diharapkan tak hanya dari dalam negeri, namun juga kawasan Asia Tenggara. Mengingat lokasi museum juga tak jauh dari akses bandara.
 
Anies menyebut wahana pengetahuan itu sangat pas untuk menarik minat generasi muda. Sebab tempat itu bisa menjadi rujukan penelitian dan pengkajian.
 
Museum Internasional Nabi Muhammad Diharapkan Sedot Wisatawan
Groundbreaking museum sejarah nabi/Antara Foto/M Risyal Hidayat
 
Bagi Jakarta, pembangunan musuem dianggap sebagai berkah. Sebab Anies melihat kota yang dia pimpin akan menjadi tuan rumah museum bertaraf internasional. Satu-satunya yang dibangun di luar Saudi Arabia.
 
Anies menyebut pembangunan museum di Jakarta Utara mengingatkan mulainya peradaban Jakarta. Sebab kawasan itu menjadi titik awal dimulainya peradaban Islam di kota ini.
 
"Jakarta dimulai dari kawasan pesisir. Tidak dimulai dari pedalaman. Dulu disebut dengan istilah Sunda Kelapa yang lokasinya 3-4 kilometer dari lokasi ini. Di situlah awal Jakarta. Dan di tempat inilah berdiri masjid-masjid yang usianya ratusan tahun," jelas dia.
 
Pengerjaan museum dilakukan oleh PT Waskita Karya. Situs tersebut ditargetkan siap beroperasi pada pertengahan 2021. Pengerjaan ditaksir memakan waktu 18 bulan.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif