Presiden Joko Widodo meninjau Masjid Raya Jakarta setelah meresmikannya, Sabtu 15 April 2017. Foto-foto: Metrotvnews.com/Damar
Presiden Joko Widodo meninjau Masjid Raya Jakarta setelah meresmikannya, Sabtu 15 April 2017. Foto-foto: Metrotvnews.com/Damar

Jokowi: Masjid Raya Jakarta Simbol Islam Moderat

Nasional masjid raya jakarta
Damar Iradat • 15 April 2017 13:06
medcom.id, Jakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan Masjid Raya K.H. Hasyim Asy'ari, Daan Mogot, Jakarta Barat. Peresmian Masjid Raya Jakarta ini merupakan bukti komitmen pemerintah menghargai hak beribadah umat Islam.
 
"Masjid ini merupakan bukti komitmen pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta menghargai hak ibadah umat Islam sebagai pilar utama bangsa," kata Jokowi dalam sambutannya, Sabtu 15 April 2017.
 
Jokowi menceritakan saat ia meletakkan batu pertama pembangunan masjid ini pada 2013, saat masih menjabat gubernur DKI. Ia mensyukuri dalam waktu empat tahun masjid rampung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi senang masjid yang berdiri di atas lahan seluas 17,6 hektare ini penuh dengan ornamen-ornamen Betawi. Karena saat itu, ia memang meminta ada ornamen-ornamen tersebut di setiap tiang.
 
"Ada pagar langkan dan bangunannya berasal dari ide rumah 'Bapang' khas Betawi. Hampir seluruhnya kekhasan Betawi dimunculkan di masjid ini."
 
Jokowi: Masjid Raya Jakarta Simbol Islam Moderat
Desain Masjid Raya Jakarta
 
Jokowi juga menceritakan alasan pemilihan nama K.H. Hasyim Asy'ari sebagai nama masjid. Menurutnya, K.H. Hasyim merupakan tokoh yang telah membuktikan kecintaannya terhadap Indonesia.
 
Sebagai tokoh ulama pendiri Nahdlatul Ulama (NU), ormas Islam terbesar di Indonesia, K.H. Hasyim telah meletakan pondasi agama yang ramah dan moderat.Karenanya, ia meminta semua warga bisa meneladani jasa-jasa K.H. Hasyim dalam meletakan keislaman, keindonesiaan, dan keagamaan yang sesuai prinsip Islam rahmatan lil alaamin.
 
"Ini fakta karena Indonesia negara majemuk, plural, dan beragam. (Masjid) ini simbol keislaman ramah, moderat, yang menjadi pilar keberagaman kota Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya," imbuh dia.
 
Jokowi: Masjid Raya Jakarta Simbol Islam Moderat
Prasasti peresmian Masjid Raya Jakarta
 
Perwakilan keluarga K.H. Hasyim menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah, baik pusat dan DKI Jakarta. "Semoga masjid ini juga bisa berperan maksimal sebagai kegiatan sosial dan ekonomi."
 
Saat meresmikan masjid, Jokowi ditemani Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Hadir pula tokoh agama seperti putri Presiden Ke-4 Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, dan Solahudin Wahid.
 
Usai meresmikan masjid, Jokowi dan rombongan berkeliling melihat bangunan dan diakhiri dengan melaksanakan salat Zuhur berjamaah.
 

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif