Sejumlah Buah di Jakarta Terpapar Zat Berbahaya
Ilustrasi. Foto: Antara/M Agung Rajasa
Jakarta: Kepala Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta Darjamuni mengatakan ada buah-buahan yang beredar di Ibu Kota terpapar zat bahaya. Berdasarkan hasil pemeriksaan KPKP DKI Jakarta, beberapa buah yang dijual terbukti disemprot pestisida dan dilapisi lilin.

"Di anggur atau jeruk kami masih temukan pestisida. Kami pantau terus, makanya saya belum berani mengatakan 100 persen aman," kata Darjamuni saat dihubungi, Jakarta Pusat, Rabu 31 Oktober 2018.

Dajarmuni menuturkan lapisan lilin merupakan zat yang dilarang. Biasanya, lapisan lilin banyak ditemukan pada buah-buahan impor.


Penggunaan lapisan lilin pada buah bertujuan untuk memperpanjang umur simpan buah. Karena itu, Dajarmuni meminta warga mengonsumsi buah lokal.

Koordinator Komisi B DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan curiga sejak lama dengan kondisi buah-buahan di pasar tradisional. Pasalnya, buah tersebut dibiarkan berminggu-minggu, namun kondisinya masih tetap baik.

Ia pun meminta Dinas KPKP DKI Jakarta memperketat pengawasan produk pangan yang dijual di 153 pasar tradisional di Jakarta. Salah satunya pengawasannya dengan cara merekrut penyedia jasa lainnya perorangan (PJLP) untuk menambah petugas pengawas. "Intinya, orang Jakarta aman belanja di 153 pasar," kata dia.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id