Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. Medcom.id/Yurike Budiman
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. Medcom.id/Yurike Budiman

Jakarta PPKM Level 2, Anak Tak Wajib Ikut PTM

Nasional DKI Jakarta Virus Korona Pemprov DKI covid-19 pandemi covid-19 Pembelajaran Tatap Muka PPKM Varian Baru Covid-19 PPKM Level 2 PTM Terbatas PPKM DKI Omicron Varian Omicron
Sri Yanti Nainggolan • 04 Januari 2022 16:49
Jakarta: Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menyatakan opsi belajar di rumah masih diperbolehkan. Hal ini menyusul makin naiknya kasus varian Omicron di Ibu Kota dan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang naik jadi level 2. 
 
"Untuk PTM (pembelajaran tatap muka) sekarang ini, masih ada kesempatan bagi para orang tua yang masih keberatan itu, nanti silahkan dikoordinasikan dengan pihak sekolah," kata Ariza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Januari 2022.
 
Ariza menjelaskan pihaknya tak pernah memaksa anak didik mengikuti PTM. Keputusan itu dikembalikan kepada orang tua dan peserta didik masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi memang diminta masuk sekolah PTM, namun kembali lagi haknya ada di siswa dan orang tua sendiri. Jadi orang tua yang akan memastikan apakah akan mengikuti atau bagaimana," terang Ariza.
 
Baca: Status PPKM di Jakarta Naik Menjadi Level 2
 

DKI Jakarta berlakukan PTM 100%

Meski tengah adanya varian Omicron, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan tetap menggelar PTM terbatas dengan kapasitas 100 persen. Pasalnya, covid-19 di Jakarta diklaim sudah terkendali.
 
"Tapi di Jakarta justru punya prestasi yang baik. Apa itu? Vaksinnya di provinsi di seluruh Indonesia, DKI Jakarta tertinggi. Capaian vaksinnya sudah 120 persen dan terus akan kita tingkatkan," beber Ariza.
 
Penyelenggaraan PTM dengan kapasitas 100 persen diikuti 10.429 sekolah atau 97,2 persen dari seluruh sekolah di Jakarta. PTM dilaksanakan setiap hari.
 
Baca: PPKM Jakarta Naik Level 2, Begini Ketentuan Aktivitas Masyarakat
 

Naik status, DKI Jakarta Terapkan PPKM level 2

Pemerintah Pusat menaikkan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) DKI Jakarta dari level satu menjadi level dua. Kebijakan ini berlaku mulai 4 hingga 17 Januari 2022.
 
Pembaharuan level PPKM di Ibu Kota itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 1 tahun 2022. Dalam Inmendagri itu dijelaskan penetapan level berpedoman kepada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial dalam penanggulangan covid-19.
 
Selain itu, capaian total vaksiansi dosis pertama dan vaksinasi dosis pertama lanjut usia di atas 60 persen dari target vaksinasi. Sebelumnya, Jakarta menerapkan PPKM level satu sesuai Inmendagri Nomor 67 tahun 2021.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif